Hari Terakhir Libur Lebaran, Danau Raja Masih Dipadati Pengunjung

- Minggu, 9 Juni 2019 | 15:34 WIB
WhatsApp Image 2018-11-10 at 18.05.14
WhatsApp Image 2018-11-10 at 18.05.14

RENGAT (HR)-Objek wisata Danau Raja Rengat masih dipadati oleh pengunjung, Minggu (9/6). pengunjung tidak hanya berasal dari Indragiri Hulu (Inhu) ataupun kabupaten tetangga seperti Kuantan Singingi (Kuansing), Pelalawan, dan Indragiri Hilir (Inhil), tapi ada juga yang datang dari Provinsi Jambi dan Sumatera Barat (Sumbar).

Banyak fasilitas hiburan dan games yang ditawarkan di lokasi wisata yang berada di tengah ibu kota Kabupaten Inhu ini. Mulai dari permainan di atas air, keliling Danau Raja dengan boat, badut dan permainan remaja, serta anak anak lainnya. Belum lagi kuliner yang berada di sepanjang Danau Raja yang berada di bawah pohon rindang.

Kepala Bidang Pariwisata di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Inhu, Lishaizar berkata pihaknya belum bisa memastikan jumlah kunjungan ke sejumlah objek wisata yang ada di Inhu. Pasalnya pendataan akan dilakukan setelah selesai libur lebaran.

"Kemungkinan hari Minggu ini baru kita dapat datanya dari pihak pengelola. Data itu juga diminta oleh Kementrian Pariwisata," kata Lishaizar, Minggu siang.

Primadona Baru di Danau Raja

Selain fasilitas yang disebutkan di atas, terdapat sejumlah lokasi menarik yang didatangi pengunjung di Danau Raja. Seperti, Taman Bunga Marigold yang merupakan taman bunga Karang Taruna Kecamatan Rengat di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri.

Hampir setiap hari Taman Bunga Marigold ini dikunjungi ratusan wisatawan, baik yang berasal dari Kabupaten Inhu maupun luar daerah.

Lokasi ini menjadi spot selfie baru bagi pengunjung. Betapa tidak, keindahan bunga jenis marigold tersebut tampak cantik menghiasi Danau Raja sehingga memberikan daya tarik bagi wisatawan.

Masuk dan berfoto di taman bunga ini tidak dipungut biaya alias gratis. "Kami hanya mengimbau warga untuk sama-sama menjaga bunga yang sudah ditanam dengan tidak memetik ataupun merusaknya," ujar Ketua Karang Taruna Kecamatan Rengat, Atpas Fery.

Menurut Fery, pembangunan taman bunga di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Karang Taruna Kecamatan Rengat terhadap kawasan sekitar Replika Istana Kerajaan Indragiri yang belum dikelola secara maksimal.

Padahal kawasan ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai objek wisata yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat.

Sebagai bentuk kepedulian tersebut, Karang Taruna Kecamatan Rengat bekerjasama dengan PT Ewindo membangun taman bunga di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri.

Proses pengerjaannya memakan waktu sekitar dua bulan yang seluruhnya dilakukan oleh anggota Karang Taruna Kecamatan Rengat dengan pengawasan langsung dari PT Ewindo.

"Alhamdulillah, kerja keras kawan-kawan Karang Taruna Kecamatan Rengat dan PT Ewindo saat ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat. Kami juga mendapat dukungan penuh dari Pemkab Inhu melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata,” tutur Fery.

Di akhir pekan, jumlah kunjungan warga mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat dibanding hari biasa.

"Untuk menghasilkan taman bunga seperti ini tidak memerlukan waktu yang lama karena 45 hari sejak tanam sudah berbunga, dan bunga yang telah mekar dapat bertahan selama 5 sampai 6 bulan, tergantung perawatan," sebut dia.

Sementara itu, Product Promotor PT Ewindo, Sakimun mengungkapkan bahwa taman bunga di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri ini terdapat 7 varietas yang ditanam, diantaranya 4 varietas bunga marigold dan 3 varietas sayur.

Varietas bunga marigold terdiri dari mega yellow, maharani, golden bloom dan diamond orange. Sedangkan 3 varietas sayur terdiri dari kubis sehati, bunga kol dan tomat servo.

Diungkapkan Sakimun, seluruh bunga yang ditanam dapat dimiliki masyarakat karena pihaknya menjual secara komersial di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri.(eka/dod)

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Terkini

Sandiaga Uno Berharap Mie Aceh Bisa Mendunia

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:14 WIB

Resmi Dibuka! Bali Siap Terima Wisatawan Mancanegara

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:05 WIB

Cara Memasak Kari Ayam dan Roti Canai

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:31 WIB
X