Impian Traveler, Berikut 10 Fakta Unik Cappadocia Turki, Salah Satu Destinasi Terindah Dunia

- Jumat, 7 Januari 2022 | 16:15 WIB
10 Fakta Unik Cappadocia Turki, Salah Satu  Destinasi Terindah Dunia (Instagram)
10 Fakta Unik Cappadocia Turki, Salah Satu Destinasi Terindah Dunia (Instagram)

HALUANRIAU.CO, WISATA - Salah satu Destinasi Terindah Dunia  di Turki yakni Cappadocia dengan pesonanya belakangan ini ramai diperbincangkan karena potongan adegan dari serial yang sedang viral yaitu Layangan Putus.

Daerah ini menjadi tempat wisata populer yang diincar para traveler, karena memiliki lanskap yang menakjubkan berupa perbukitan batu dengan formasi yang unik.

Ahli geologi mengatakan wilayah Cappadocia terbentuk 60 juta tahun yang lalu akibat erosi lapisan lunak lava dan abu dari Gunung Erciyes, Gunung Hasan, dan Gunung Gullu.

Lantas, apa saja hal menarik yang membuat banyak wisatawan berkunjung terpesona? Berikut 10 fakta unik Cappadocia di Turki yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Keren! Series Layangan Putus Beri 7 Pelajaran Berikut, Apa Sebenarnya Arti Perselingkuhan?

  1. Fakta unik bermula dari nama Cappadocia merupakan bahasa Persia 'Katpatuka,' artinya negeri kuda yang indah. Sebab, warga setempat masih banyak yang naik kuda.

  2. Kapadokia meliputi area sekitar 5.000 kilometer persegi dan terbentang antara tiga provinsi di Anatolia Tengah yaitu Keyseri, Nevşehir, dan Niğde, tepat di jantung negara Turki.

  3. Desa Goreme adalah salah satu pemukiman di Cappadocia yang masih dihuni hingga saat ini. Desa tersebut merupakan area utama wisatawan.

  4. Yang unik di Cappadocia kita bisa menemukan kota bawah tanah, ya kota ini adalah tempat pengungsian dahulu jika terjadi perang. Salah satunya adalah pemukiman bawah tanah zkonak berbeda dengan kota bawah tanah lain di daerah ini karena adanya fitur pertahanannya.

  5. Gereja Tokali Kilise juga dikenal dengan nama Gereja Buckle dianggap sebagai tempat perlindungan utama kehidupan biara di Byzantine Cappadocia. Gambar mural bagus di gereja Tokali Kilise menunjukkan lukisan yang masih dalam kondisi yang masih ada sejak zaman pertengahan awal.

    Baca Juga: P-21, Perkara Pencabulan oleh Dekan FISIP UNRI Nonaktif Bakal Dilimpahkan ke Jaksa
  6. Buat kamu yang ingin mengunjungi Cappadocia Turkey, bisa naik Turkish Airlines maskapai nasional negara Turki. Jadwal pesawat setiap hari mereka ada yang kesini, bahkan jika musim libur tiba bisa 3x penerbangan setiap hari dari Istanbul menuju Cappadocia.

  7. Jangan heran kalau disini kamu bisa menemukan banyak kucing cantik, padahal mereka kucing pembohong lho. Ya Turki dan terutama di Cappadocia masyarakatnya sangat dikenal sebagai penyayang binatang kucing, disini kucingnya gemuk dan paling tebal kebanyakan.

  8. Lebih dari 100 balon udara beroperasi setiap pagi. Kamu bisa mengudara melintasi cakrawala Cappadocia sambil menikmati alam yang eksotis.
  9. Ada konser musik yang sering diadakan di dalam gua, termasuk Festival Musik Cappadocia, menampilkan paduan suara dan orkestra.

  10. Cappadocia juga terkenal sebagai penghasil anggur yang masif. Bahkan, ada beberapa anggur yang telah meraih penghargaan internasional.

Nah itu dia beberapa fakta unik mengenai Pesona Destinasi Impian Cappadocia di Turki. Keindahannya benar-benar bikin para traveler memimpikan liburan ke sana. Semoga suatu saat kamu juga bisa liburan ke Cappadocia, ya!

Editor: Taufik Ilham

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandiaga Uno Berharap Mie Aceh Bisa Mendunia

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:14 WIB

Resmi Dibuka! Bali Siap Terima Wisatawan Mancanegara

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:05 WIB
X