TikTok Klaim Sudah Takedown Konten 'Ngemis Online'

- Kamis, 26 Januari 2023 | 15:09 WIB
Ilustrasi TikTok
Ilustrasi TikTok

HALUANRIAU.CO, TEKNOLOGI - TikTok menyebut bahwa pihaknya telah melakukan takedown atas konten 'ngemis online' yang kini viral di media sosial.

Ungkap pihak TikTok Indonesia, penghapusan atau takedown tersebut dilakukan atas permintaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Kami telah menerima permintaan takedown dari Kominfo dan telah melaksanakan tindakan yang sesuai," ujar Perwakilan TikTok Indonesia, Kamis (26/1/2023)

Sebelumnya, TikTok dihebohkan dengan banyaknya video aktifitas 'ngemis online' yang dilakukan para penggunanya, berupa mandi lumpur yang dilakukan oleh sejumlah lansia. Akibatnya tak sedikit para pengguna dan netizen lainnya yang protes atas aksi tersebut.

Walupun demikian, tak sedikit para laisia yang ketagihan live mandi lumpur tersebut, dimana lebih memberi uang yang banyak dibandingkan dengan menggarap sawah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Inak Mawar (55), mengaku tak dipaksa maupun sakit saat live streaming yang digelar oleh pemilik akun @bocahperik yang merupakan tetangganya, Sultan Ahyar (31).

Berdasarkan surat Kemensos, Kominfo mengambil langkah dengan meminta takedown konten itu kepada TikTok.

"Dengan adanya kebijakan dari Mensos yang melarang pengemis online, kami sedang mencari dan meminta platform digital untuk men-take down konten-konten terkait hal ini," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kanson, Jum'at (20/1/2023).

TikTok mengaku prihatin dengan konten tersebut dan meminta pengguna tidak berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Keamanan dan keselamatan komunitas TikTok adalah prioritas utama kami. Sehubungan fenomena tersebut, kami sangat prihatin atas konten tersebut. TikTok kembali mengingatkan anggota komunitas kami untuk tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dapat membahayakan mereka," tutur Perwakilan TikTok Indonesia.

"Kami terus berupaya untuk menjaga agar TikTok menjadi tempat yang aman dan ramah bagi semua orang melalui kebijakan, sistem, serta edukasi dan penegakan dari Panduan Komunitas TikTok," terang Perwakilan TikTok Indonesia.

"Kami mengajak anggota komunitas TikTok untuk melaporkan konten yang dianggap melanggar Panduan Komunitas kami, dengan cara menekan lama pada konten video atau siaran langsung di TikTok LIVE, mengeklik 'Laporkan', lalu memilih alasan yang relevan," tambahnya

Baca Juga: Wujudkan Pelayanan Publik Bebas KKN, Kejari Dumai Kembali Canangkan Pembangunan ZI Menuju WBK-WBBM

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aplikasi Discord Buat GPU Nvidia Jadi Lemot?

Kamis, 2 Februari 2023 | 17:12 WIB

Hari Ini, Penjualan Windows 10 Resmi di Stop

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:09 WIB

TikTok Klaim Sudah Takedown Konten 'Ngemis Online'

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:09 WIB

Kode Redeem Terbaru Genshin Impact 8 Desember 2022

Kamis, 8 Desember 2022 | 13:47 WIB

Karyawan di PHK Besar-Besaran, Twitter Digugat

Sabtu, 5 November 2022 | 06:35 WIB
X