KataOS, Sistem Operasi Baru Milik Google

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:17 WIB
ilustrasi KataOS milik Google (teknologi.id)
ilustrasi KataOS milik Google (teknologi.id)

HALUANRIAU.CO, TEKNOLOGI - Perusahaan raksaksa Google membuat sebuah eksperimen dengan mendesain sebuah sebuah sistem operasi baru yang diberi nama KataOS.

KataOS sendiri merupakan OS Open Source dengan tingkat keamanan tinggi. OS ini sendiri merupakan inti dari Project Sparrow dimana menggabungkan OS baru tersebut dengan platform hardware tertentu yang menjadi inti dari perangkat yang menjalankan aplikasi machine learning.

Google sendiri bekerjasama dengan Antmircro dalam pengembangan KataOS dengan memilih seL4 sebagai microkernelnya. Teknologi sel4-sys sendiri membuat kernel bisa bekerja sama dengan sistem yang berbasis Rust.

Rust sendiri merupakan bahasa pemograman yang ramah terhadap memori dan bisa menjadi titik keamanan awal pada software, dimana memungkinkan menghapus berbagai macam potensi munculnya bug dari buffer overflow.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Pada awalnya, KataOS sendiri menggunakan platform hardware set instruksi Arm64, sementara itu untuk proyek akhirnya, semestinya, bisa berjalan di chip openTitan yang berbasis RISC-V.

KataOS sendiri didesain untuk memperkuat aplikasi embedded, dimana biasanya keamanan dihadirkan sebagai sebuah fitur software yang ditambahkan ke dalam sistem yang sudah ada, bukan sebagai fondasi dari sebuah sistem baru.

KataOS ini merupakan OS yang kesekian kalinya yang pernah dibuat oleh Google.

Sebelumnya Fuchsia, juga sempat menjadi eksperimen dari Google, yang kini sudah menjadi basis dari produk layar pintar Nest Hub.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aplikasi Discord Buat GPU Nvidia Jadi Lemot?

Kamis, 2 Februari 2023 | 17:12 WIB

Hari Ini, Penjualan Windows 10 Resmi di Stop

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:09 WIB

TikTok Klaim Sudah Takedown Konten 'Ngemis Online'

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:09 WIB

Kode Redeem Terbaru Genshin Impact 8 Desember 2022

Kamis, 8 Desember 2022 | 13:47 WIB

Karyawan di PHK Besar-Besaran, Twitter Digugat

Sabtu, 5 November 2022 | 06:35 WIB

KataOS, Sistem Operasi Baru Milik Google

Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:17 WIB
X