Mulai November 2022, Anak dan Remaja Dilarang Siaran Langsung di TikTok

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 20:07 WIB
Tiktok  (pixabay.com)
Tiktok (pixabay.com)

HALUANRIAU.CO, TEKNOLOGI - Raksaksa teknologi media sosial, TikTok kembali memperbaharui kebijakan mereka untuk para pengguna. Terbaru, mulai 23 November mendatang, TikTok akan melarang pengguna di bawah usia 18 tahun untuk melakukan siaran langsung (live streaming) dan menerima 'tip' di TikTok.

Sebelumnya, TikTok mengambil kebijakan hanya membatasi para pengguna 16 tahun ke atas dengan followers melebihi 1.000 akun untuk bisa live streaming.

Hal tersebut dilakukan untuk mempertimbangkan dan memperbaiki tindakan keselamatan demi melindungi pengguna dan kreator serta kesejahteraan mereka.

"Dengan mempertimbangkan cakupan pengguna kami di seluruh dunia, kami secara bertahap memperkenalkan fitur yang membatasi akses berdasarkan usia," kata TikTok dalam blog resmi perusahaan, dikutip Rabu (19/10/2022).

Bersamaan dengan perubahan aturan tersebut, TikTok kini juga memberikan penggunanya opsi untuk menyiarkan kontennya secara langsung ke pengguna usia dewasa. Saat ini, siaran langsung muncul bergilir di kategori "Live" serta "For You".

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Menurut perusahaan berbasis di China tersebut, opsi pembatasan tersebut hanya untuk agar pengguna dewasa bisa gunakan siaran langsung komedi khusus dewasa atau cerita pengalaman hidup yang dinilai tidak sesuai dengan remaja maupun anak-anak.

TikTok Live sendiri merupakan fitur penghasilan tambahan pendapatan baru bagi aplikasi tersebut. Menurut Rest of World bermitra dengan agensi influencer untuk melatih mereka melakukan live streaming dan menarik tip dari pengguna.

Pendapatan dari hadiah virtual yang diberikan lewat TikTok kemudian dibagi-bagi ke kreator, TikTok, dan agensi influencer.

Baca Juga: Dituduh Penipuan dan Korupsi Transfernya, Neymar: Ayah Saya yang Mengurus Semuanya

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karyawan di PHK Besar-Besaran, Twitter Digugat

Sabtu, 5 November 2022 | 06:35 WIB

KataOS, Sistem Operasi Baru Milik Google

Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:17 WIB

Ingin Edit Ciutan di Twitter, Kamu Wajib Bayar

Minggu, 4 September 2022 | 15:50 WIB

Seri iPhone 14 Akan Dirilis Dalam Waktu Dekat

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:47 WIB
X