Kecandu Game Online Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan Mental

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 14:48 WIB
Ilusstrasi gamers (Foto:  Pexels dari Pixabay)
Ilusstrasi gamers (Foto: Pexels dari Pixabay)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengisi waktu luang, salah satunya bermain game online.

Game online sebenarnya memiliki efek positif untuk mengasah otak, insting, kerja sama tim dan banyak lagi.

Namun, game online memiliki dampak negatif yang cukup berbahaya jika dimainkan secara berlebihan. Ini dikarenkan game online bisa menyebabkan kecanduan.

Sifat adiktif dari game online ini dianggap dunia sebagai gangguan kesehatan mental bernama internet gaming disorder (IGD).

Sebuah makalah berjudul “Internet Gaming Disorder: Psikopatologi Budaya Modern” yang ditulis oleh Fadjri Kirana Anggarani dari Universitas Gadjah Mada menyebutkan, internet gaming disorder merupakan suatu fenomena yang muncul akibat dari ketidakmampuan mengontrol penggunaan internet dan video game, sehingga mengakibatkan munculnya tanda-tanda atau simtom gangguan kognitif dan perilaku, termasuk di dalamnya adalah kehilangan kontrol terhadap permainan, toleransi, dan menarik diri, dan beberapa simtom dari gangguan penggunaan.

Orang yang mengalami kecanduan game online akan duduk di depan komputer selama berjam-jam untuk bermain dan menolak melakukan aktivitas yang lain.

Pemain game online bisa dikatakan kecanduan apabila bermain 8 smapai 10 jam per harinya dan sekurang-kurangnya 30 jam per minggu.

Lalu, ciri selanjutnya apabila mereka menahan diri untuk tidak menggunakan komputer dan kembali bermain, mereka akan gelisah dan marah. Mereka sering meninggalkan makan dan tidur dalam waktu yang lama. Mereka juga menolak kegiatan wajib sehari-hari seperti sekolah, bekerja, atau kewajiban terhadap keluarga.

Tidak ada kepribadian tertentu berkaitan dengan internet gaming disorder, beberapa peneliti menghubungkan diagnosis dari gangguan ini dengan depresi, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), atau obsesif kompulsif. Karakteristik kepribadian yang biasanya berkaitan dengan internet gaming disorder antara lain neuroticism, agresi, dan sikap bermusuhan, dan mencari perhatian.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbedaan Realme GT Neo2 dan GT Neo2T

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:03 WIB

Facebook Dikabarkan Akan Ganti Nama

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:08 WIB

Rekomendasi Ponsel Waterproof untuk Pekerja Outdoor

Kamis, 7 Oktober 2021 | 15:54 WIB
X