Peneliti GReAT Temukan Trojan BloodyStealer yang Targerkan Platform Game Online

- Rabu, 29 September 2021 | 17:51 WIB
Ilustrasi trojan. (Pixabay/geralt)
Ilustrasi trojan. (Pixabay/geralt)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Lagi-lagi trojan ditemukan oleh peneliti keamanan di tim riset dan analisis global Kaspersky (GReAT). Trojan yang ditemukan itu dijuluki BloodyStealer.

Malware yang mampu menyamar untuk memasuki komputer hingga menyerang server itu dijual di forum darknet dan digunakan untuk mencuri akun gamer di platform game populer seperti Steam, Epic Games Store, dan EA Origin.

Lebih jauh, peneliti GReAT, Dmitry Galov mengatakan BloodyStealer telah menarik perhatian di antara para pengguna di salah satu forum underground. Ia menjelaskan trojan itu memiliki beberapa kemampuan maju seperti ekstrak kata sandi peramban, cookie, dan informasi lingkungan.

“Pengembang di balik trojan ini juga menambahkan kemampuan, seperti mengambil informasi terkait platform game online,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga: 800 Pelajar di Sumatera Utara Tak Hadir PTM, Ada yang Sudah Menikah

Dmitry menambahkan bahwa informasi itu kemudian dijual di berbagai platform gelap. Saluran Telegram yang biasanya digunakan untuk penjualan akses akun game online.

BloodyStealer sendiri memiliki fitur khusus yang bisa menghindari analisis dan deteksi, serta harga berlangganan yang rendah. Sebutnya, malware ini sebagai salah satu ancaman yang dihadapi para gamer online.

Dmitry menjabarkan akun game jelas diburu oleh para pelaku kejahatan siber. Jadi, jika ingin menikmati game dengan tenang dan tidak khawatir kredit atau akun dalam game hilang, pastikan untuk melindungi akunnya.

“Bisa melalui otentikasi dua faktor dan menggunakan solusi keamanan yang andal untuk melindungi perangkat Anda,” katanya lagi.

Kombinasi login dan kata sandi game di platform populer dapat dijual seharga US$ 14,2 (Rp 203 ribu) per seribu akun saat dijual dalam jumlah besar.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Tempo.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karyawan di PHK Besar-Besaran, Twitter Digugat

Sabtu, 5 November 2022 | 06:35 WIB

KataOS, Sistem Operasi Baru Milik Google

Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:17 WIB

Ingin Edit Ciutan di Twitter, Kamu Wajib Bayar

Minggu, 4 September 2022 | 15:50 WIB

Seri iPhone 14 Akan Dirilis Dalam Waktu Dekat

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:47 WIB
X