Pengetahuan, Apa Itu Subak yang Merupakan Salah Satu Warisan Dunia

- Rabu, 15 September 2021 | 22:12 WIB
Subak atau sistem terasing diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.(kemendikbud)
Subak atau sistem terasing diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.(kemendikbud)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Mungkin kita sering mendengar kata Subak, terutama jika berkunjung ke Pulau Dewata, Bali.

Orang Bali akan sangat paham dengan arti kata Subak tersebut.

Berdasarkan wikipedia, Subak adalah organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah (irigasi) yang digunakan dalam bercocok tanam padi di Bali, Indonesia.

Sesuai dengan daerahnya, Subak pada umumnya memiliki pura yang dinamakan Pura Uluncarik atau Pura Bedugul, yang khusus dibangun oleh para pemilik lahan dan petani.

Pura tersebut diperuntukkan bagi Dewi Sri, yaitu dewi kemakmuran dan kesuburan menurut kepercayaan masyarakat Bali. Sistem irigasi ini diatur oleh seorang pemuka adat (Pekaseh) yang juga adalah seorang petani di Bali.

Bali daerah yang sangat cocok untuk bercocok tanam karena memiliki tanah vulkanis yang subur dengan perpaduan iklim tropis dan hujan yang cocok untuk tanaman Padi, Kelapa dan cengkeh serta kopi.

Sawah terasering atau berundak undak di daerah lereng akan banyak di jumpai di Bali, karena hal itu harus dilakukan karena untuk mengairi lahan dengan air haruslah dengan menggali kanal, agar sawah bisa teraliri air.

Sejak seribu tahun, masyarakat Bali terus membuat inovasi baru utnuk bisa bercocok tanam karena mengingat kondisi geografis mereka yang memiliki sistem irigasi yang cukup rumit.

Baca juga: https://riau.harianhaluan.com/berita/pr-111169729/kunjungi-wk-rokan-komut-pertamina-basuki-tjahaja-purnama-apresiasi-implementasi-digitalisasi

Sebagai wujud rasa syukur terhadap air—yang memungkinkan kegiatan pertanian—masyarakat Bali membuat ritual pada sistem irigasi. Sistem irigasi ini juga memungkinkan koordinasi antar petani yang dikenal sebagai sistem organisasi "subak". Organisasi tersebut adalah sebuah organisasi demokratis; para petani yang memanfaatkan sumber air yang sama, bertemu secara teratur untuk bermsyawarah dan mengkoordinasikan penanaman, mengontrol distribusi air irigasi, merencanakan pembangunan, pemeliharaan kanal dan bendungan serta mengatur upacara persembahan dan perayaan di Pura Subak.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Wikipedia

Tags

Terkini

Review dan Spesifikasi Fitur Lengkap PS4

Jumat, 17 September 2021 | 21:27 WIB

Bingung Bedakan Debitur dan Kreditor, Ini Definisinya

Rabu, 15 September 2021 | 22:35 WIB

Gunakan Kelapa Sawit, ITB Menguji Bioavtur ke CN 235

Selasa, 7 September 2021 | 18:38 WIB
X