Simak Android yang Tak Bisa Gunakan Gmail dan Youtube Mulai 27 September

- Senin, 6 September 2021 | 20:42 WIB
Ilustrasi android. (Pexels)
Ilustrasi android. (Pexels)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Google akan memutus akses dukungan untuk sistem operasi Android yang sangat lama pada 27 September 2021. Hal ini membuat pemilik handphone (HP) Android jadul sudah harus berpikir untuk segera meng-upgrade perangkat mereka.

Pengguna HP Android dengan sistem operasi versi 2.3.7 alias Gingerbread akan menjadi sasaran penghentian dukungan Google. Bagi mereka yang masih menggunakan OS Android versi 2.3.7 tidak akan diizinkan untuk login akun Google dan tak bisa lagi memakai layanan, mulai dari Gmail hingga YouTube.

"Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna kami, Google tidak akan lagi mengizinkan sign-in (masuk) di perangkat Android yang menjalankan Android 2.3.7 atau lebih rendah mulai 27 September 2021," kata perusahaan dikutip The Verge.

Baca Juga: Berkaca dari Bocornya Data Pribadi Jokowi, SafeNet Sarankan PeduliLindungi Batasi Akses Publik Lacak NIK

Menurut Google, jika tetap memakai perangkat dengan OS Android 2.3.7 setelah 27 September, pengguna masih bisa memanfaatkan layanan Google lewat web browser, seperti Chrome. Sementara pemilik HP Android 3.0 alias Honecomb masih bisa login ke akun Google dan memakai layanannya.

Usia sistem operasi Android Gingerbread 2.3.7 memang sudah terbilang tua. Google merilis OS versi tersebut hampir 10 tahun lalu. Diperkirakan masih ada jutaan HP Android yang masih menjalankan sistem operasi Gingerbread 2.3.7.

Berikut adalah beberapa HP Android yang masih menjalankan OS Gingerbread 2.3.7 dan mungkin masih kamu gunakan sampai saat ini.

Baca Juga: 5 Fakta Film Dune, Adaptasi dari Novel Frank Herbert dan Pemenang Nebula Award

Sony Xperia Advance
Sony Xperia U
Sony Xperia ion
Sony Xperia Sola
Sony Xperia S
Acer Liquid Z
Acer Liquid Z Duo
Lenovo K800
Samsung Galaxy S
Samsung Galaxy S2
LG Optimus 3D Max
LG Optimus Elite
LG Spectrum
HTC Velocity 4G
Huawei Activa 4G

Dengan begitu, pengguna harus segera meng-upgrade sistem operasi terbaru Android atau mengganti HP keluaran terbaru dengan OS di atas versi Gingerbread 2.3.7.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbedaan Realme GT Neo2 dan GT Neo2T

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:03 WIB

Facebook Dikabarkan Akan Ganti Nama

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:08 WIB

Rekomendasi Ponsel Waterproof untuk Pekerja Outdoor

Kamis, 7 Oktober 2021 | 15:54 WIB
X