Ketika Dalam Kedaan Daurat Bisa Gunakan Kode SOS, Namun Banyak yang Belum Tahu

- Jumat, 3 September 2021 | 20:35 WIB
net
net

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Banyak dari kita mungkin yang belum mengetahui apa itu kode SOS. Padahal kode ini bisa digunakan jika kita dalam keadaan darurat atau dalam bahaya sekalipun.

Kode ini sudah menjadi kode bahaya internaspional yang sudah resmi diperguakan pada 3 Oktober 1906 dalam konfrensi radio Berlin Jerman. Kode ini berlaku berdasarkan perjanjian yang dibuat oleh British Marconi Society dan German Telefunk.

SOS adalah kode Morse yang terdiri dari 3 titik, 3 garis, dan 3 titik yang tak terputus. (• • • - - - • • •). Sangat gampang diingat dan bisa dikirim sekaligus.

Awalnya, tak ada niat untuk menjadikan kode itu sebagai singkatan, meski orang yang bicara Bahasa Inggris mengartikannya sebagai 'Save Our Souls' -- selamatkan jiwa kami atau 'Save Our Ship' -- selamatkan kapal kami. Namun, tak ada padanan frasa itu dalam Bahasa Jerman.

Saat menggunakan kendaraan, jika dalam keadaan daurat atau bahaya dapat menggunakan lampu dengan membuat kode morse dengan cara mendim lampu dengan pola 3 titik (dengan mengdipkan lampu secara cepat), 3 garis (dim lampu sedikit lebih panjang sebanyak tiga kali), dan 3 titik.

Kali pertama, SOS diperkenalkan ke publik adalah pada 1 Juli 1908.SOS menggantikan kode sebelumnya yang dibuat Marconi Company, 'CQD' -- yang berarti 'All Stations Urgent', namun secara populer diartikan sebagai 'Come Quick Danger' atau 'Come Quickly Down'.

Dikabarkan bahwa Kapal Titanic yang tenggelam 15 April 1912 dengan menewaskan lebih kurang 1.500 orang, namun peneliti maritim Patrick Robertson membantah hal tersebut dan menyatakan itu hanya mitos.

Baca juga: https://riau.harianhaluan.com/teknologi/pr-111099972/gunakan-sinyal-sos-ini-jika-tersesat-bagi-pendaki-gunung-jangan-sepelekan

"Robertson menyebut, SOS kali pertama digunakan 3 tahun sebelum Titanic tenggelam...pada Juni 1909 saat SS Slavonia celaka di Atlantik Utara, di lepas pantai Portugal," demikian Liputan6.com kutip dari buku 'Is It True?: The facts behind the things we have been told'

Senada, seperti dimuat Encyclopedia Titanica, kali pertama SOS digunakan dalam kondisi bahaya adalah pada 10 Juni 1909, saat SS Slavonia celaka di Azores. Dua kapal uap menerima sinyal tersebut dan segera melakukan tindakan penyelamatan.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Tirto .id

Tags

Terkini

Perbedaan Realme GT Neo2 dan GT Neo2T

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:03 WIB

Facebook Dikabarkan Akan Ganti Nama

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:08 WIB

Rekomendasi Ponsel Waterproof untuk Pekerja Outdoor

Kamis, 7 Oktober 2021 | 15:54 WIB
X