Memasuki Musim Kemarau, PT AIP Gelar Apel Siaga Karhutla

- Rabu, 14 Juli 2021 | 21:12 WIB
IMG-20210714-WA0017
IMG-20210714-WA0017

HALUANRIAU.CO, SIAK-Guna mencegah kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau di pertengahan tahun 2021, manajemen PT Aneka Inti Persada (AIP) yang beroperasi di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, menggelar apel kesiap siagaan Pencegahan Karhutla, Rabu (14/7) pagi.

Apel yang berlangsung di Areal PT Aneka Inti Persada (AIP) tersebut dihadiri oleh segenap manajemen perusahaan, Kapolres Siak, yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Usril, Danramil X Perawang Kapten Efendi Sihombing, Kapolsek Tualang AKP Alvin Agung Wibawa SIK, Camat Tualang yang diwakili Kasi Trantib Rudi Dendi, Masyarakat Peduli Api (MPA) Kecamatan Tualang, para Kades yang berada diwilayah operasional PT AIP, serta Tokoh masyrakat dan Toko agama Kecamatan Tualang.

Arel Controler (Ac) PT AIP Kecamatan Tualang Hamdan Sitorus mengatakan, menghadapi kemarau yang akan berlangsung pada bulan Juli dan Agustus pada tahun ini. "Kita harus siap, tanggap dan cepat dalam menghadapi kebakaran lahan, kata dia.

"Kesiapan dari segi peralatan dan personil sudah kita siapkan sejak dini, peralatan mesin untuk pemadam sudah kita siapkan berbagai ukuran sesuai kebutuhan, serta sarana pantau juga kita siapkan yaitu drown untuk memantau melalui udara, ujarnya.

Disini kita ada beberapa alat pantau melalui udara, dan yang terbaru kita memiliki pesawat Skywalker, yang mana pesawat ini dipasang kamera dan bisa terbang dengan durasi 90 menit, dengan jarak 50 km, nanti akan kita lihat bersama simulasinya, tambahnya.

Hamdan sitorus berharap komunikasi antara perangkat Desa dan pihak perusahaan serta TNI-Polri harus solid, karna dengan adanya saling memberi info kita bisa mengetahui dan segera mengambil tindakan apabila ada informasi terkait karhutla, sebelum ada api yang berkobar di lahan gambut,kita harus segera mengetahui titik asap yang berada di lahan gambut, karna mematikan api dilahan gambut ini butuh waktu yang cukup lama, ulasnya.

Selain itu, Hamdan Sitorus berharap dukungan dari TNI-POLRI untuk selalu bersinergi dalam penanggulangan karhutla, semoga tahun ini zero karhutla, tutupnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Siak yang diwakili Kabag Ops Kompol Usril SH MH mengatakan, penaganan karhutla ini, TNI-POLRI berada di garda terdepan, katanya.

Untuk di Kabupaten Siak ini, rutin terjadi karhutla, maka dari pada itu kita harus bersinergi untuk mengatasi bencana tahunan ini, karna ini merupakan tanggung jawab kita bersama, apa bila ada informasi terkait karhutla kami dari Polres Siak siap siaga mulai dari tingkat Polsek hinga Polres, kata dia.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, saat ini kita sudah bisa memantau titik api melalui aplikasi lancang kuning, ditambah dengan alat pemantau seperti yang disampaikan pihak perusahaan tadi, sambungnya.

Tinggal semangat kita bersama dan sinegritas yang solid, bagai mana menjadikan Provinsi Riau ini, khususnya Kabupten Siak bebas asap, tegasnya.

Usril juga berpesan, jangan ada lagi masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar, karna akan berhadapan dengan hukum sesuai yang diatur oleh undang-undang, setiap tahun sudah banyak yang menjadi tersangaka dan menjalani hukuman karna membakar lahan, tutupnya.

Selain itu, PT.AIP menyerahkan secara simbolis selang pemadam sebanyak 25 kotak kepada Polres siak, yang diterima langsung oleh Kompol usril

Pada kesemptan itu, pihak manajemen PT AIP menujukkan atraksi pemadaman api yang dilakaukan oleh Tim Damkar PT AIP, serta pemantauan titik api dengan menggunakan drown melalui udara.

Tak ketinggalan, manajemen PT AIP melakukan pemantauan titik api melalui udara dengan menggunakan Pesawat Skywalker, yang mana pesawat Skywalker ini bisa terbang dengan durasi 99 menit dengan jarak 50 km.

Pada siang itu, seluruh hadirin melihat pesawat Skywalker diterbangkan sampai ke kota Perawang dan melintasi sungai Siak.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Riau Irjen Agung setya imam Efendi memberikan apresiasi kepada pihak perusahaan dalam hal ini PT.Anaka Inti Persada (AIP), “ Semoga bermanfaat bagi kita sekalian, Bravo”, ujar Jendral bintang dua itu.

 

 

Reporter: Dolly Sandro

Editor: Eka Buana Putra

Terkini

Bupati Siak Ingin Ada Kedai BRK di Kampung

Sabtu, 24 Juli 2021 | 10:28 WIB
X