Sidang Putusan Berubah Menjadi Lanjutan di Siak

- Senin, 20 Mei 2019 | 11:57 WIB
13 20-05 Pihak pelapor dan pihak terlapor saling beradu data pembanding di hadapan majelis hakim
13 20-05 Pihak pelapor dan pihak terlapor saling beradu data pembanding di hadapan majelis hakim

SIAK (HR)- Putusan Sidang yang sebelumnya dijanjikan oleh Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau berubah menjadi Sidang lanjutan terkait adanya dugaan pelanggaran Administratif yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kandis.

Sidang tampak berlangsung Alot diwarnai perdebatan antar partai politik selaku pelapor dan PPK Kandis maupun KPUD Siak sebagi terlapor, di kantor Bawaslu Siak atau tepatnya di jalan panglima ghimbam komplek rumah dinas jabatan Siak Sri Indrapura, beberapa waktu yang lalu.

Dalam sidang itu sebelumnya pihak Bawaslu Provinsi Riau selaku majelis hakim sepakat atas permintaan pihak pelapor (Parpol) untuk di lakukan pembukaan Teli hasil Plano PPK Kandis guna dilakukan pencocokan data sesuai permintaan dari DPC PDIP dan DPD PAN Siak selaku pelapor.

Namun keputusan itu di bantah oleh Agus Hariyanto Selaku Komisoner KPUD Siak, dengan dalih peroses rekapitulasi telah dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat Desa hingga ke-tingkat kabupaten,

“Semua sudah kita cocokan dan kita putuskan dan telah kita sampaikan di pleno tingkat provinsi, jadi kalau di paksakan juga untuk membuka kotak itu kami (KPUD Siak) merasa keberatan, sebab prosesnya telah selesai di tingkat kabupaten, sesuai dengan aturan kalau terjadi proses selisih masalah angka itu sebaiknya kita serahkan kepada MK (Mahkamah konstitusi),” Sanggah Agus Hariyanto dalam sidang tersebut.

Menurut Agus Hariyanto jika ada ditemui selisih suara untuk dilakukannya pembukaan kotak s]uara hal itu hanya bisa dilakukan oleh mahkamah konstitusi (MK).

“Jadi kita serahkan ke MK saja lah, jika memang ada di rasa keberatan kita serahkan ke MK saja, karan sidang ini hanya pelanggaran Administratif jadi kesalahan semacam ini baiknya di selesaikan di MK,” Tukasnya.

Editor: redaktur haluan

Tags

Terkini

X