Hasil Uji Labor Tim Verifikasi DLHK Riau, Pengelolaan Limbah PT RAPP Tak Melanggar Baku Mutu

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 09:54 WIB
Ketua Tim Verifikasi, Candra Hutasoit, mnejelaskan haril uji labor limbah dari PT RAPP tidak berbahaya dan  tidak melanggar Baku Mutu.
Ketua Tim Verifikasi, Candra Hutasoit, mnejelaskan haril uji labor limbah dari PT RAPP tidak berbahaya dan tidak melanggar Baku Mutu.

PEKANBARU-Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, telah menurunkan tim terkait pengaduan masyarakat di Desa Sering, Kecamatan Pelalawan, terkait dengan dugaan pencemaran limbah kegiatan di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), di Kabupaten Pelalawan.

 

Ketua Tim Verifikasi, Candra Hutasoit yang juga Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup, DLHK Provinsi Riau, mangatakan dari hasil verifikasi berbagai aspek yang dilakukan tim di lapangan dan uji sampel di Labor, tidak membuktikan PT RAPP melanggar baku mutu, baik limbah air, udara dan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

 

Candra menjelaskan, beberapa aspek yang diverifikasi diantaranya, pertama aspek perizinan apakah ada perizinan yang dilanggar atau adakah operasional diluar perizinan. Kedua aspek pengendalian pencemaran air terkait pengaduan. Dan Ketiga, aspek pengendalian pencemaran udara juga diperiksa.

 

“Jadi kita periksa mulai produksi, sampai pengelolaan limbah dan sampai pembuangan air ke kanal. Jadi tidak hanya air, tapi juga udara. Begitu juga dengan limbah bahan berhayanya dibuang dimana, itu juga kita periksa. Kemudian pengelolaan limbah domestik juga, mana tahu limbah domestik yang masuk ke kanal. Termasuk pengelolaan B3-nya juga kita periksa, apakah ada penyimpangan terhadap pemakaian dan pengelolaan B3-nya,” ujar Candra, Jumat (27/8),

 

"Semua kita verifikasi, karena verifikasi ini adalah pengawasan. Kemudian pengawasan itu ada dua, yakni reguler dan insidentil. Kalau pengawasan regulis dilakukan per semester, dan pengawasan insidentil akibat pengaduan dilakukan setiap saat. Biasanya kalau terbukti ada denda, makanya kita dalam melakukan verifikasi harus teliti dan hati-hati. Jadi semua kita ambil sampelnya," tambahnya.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB
X