Cegah Karhutla, BPBD Semai 40,7 Ton Garam di Langit Riau

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:13 WIB
Ilustrasi  |  Sumber : BKKP Kemenristek/BRIN-ADN
Ilustrasi | Sumber : BKKP Kemenristek/BRIN-ADN

HALUANRIAU.CO, RIAU - Sebagai upaya mengantisipasi kebarakan hutan dan lahan (Karhutla) di kabupaten/kota di Provinsi Riau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau melakukan kegiatan penyemaian garam menggunakan pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Kepala BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal mengatakan, sebanyak 40.700 kilogram garam itu disemai dengan 51 sortie.

Penyemaian garam tersebut telah dilakukan oleh BPBD sejak bulan Januari hingga 26 Agustus 2021.

"Sejak awal tahun sampai sekarang sudah 51 kali/sortei TMC dilakukan dengan total garam sebanyak 40.700 Kg," kata Edy Afrizal, Kamis (26/8/2021). 

TMC dilakukan di kabupaten/kota yang rawan Karhutla, seperti Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Bengkalis, Rokan Hulu (Rohul), Indragiri Hilir (Inhil), Pelalawan, Indragiri Hulu (Inhu), Siak, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai, ujar Edy Afrizal.

"Garam ditabur di potensi awan. Namun tak sembarang awan, tapi awan yang ada airnya. Itu dimonitor oleh BMKG, baru kita lakukan TMC," terangnya. 

Lebih lanjut Edy Afrizal menjelaskan, hingga saat ini Provinsi telah mendapat tiga kali kontrak bantuan pesawat TMC dan personel dari pemerintah pusat. 

"Alhamdulillah usulan perpanjangan kontrak yang ketiga kali sudah disetujui, dan pesawat TMC sudah datang pekan lalu. Dan sudah melakukan TMC sebanyak 8 sorti dengan pemakaian bahan baku sebanyak 6.400 Kg garam," tukasnya. 

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X