Kasus Harian Positif Covid-19 Menurun, Kadiskes: PPKM Level 4 Bisa Turun Level Intinya Prokes

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 19:20 WIB
Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir
Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kasus harian penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau, dalam sepekan ini mengalami penurunan termasuk Bed Occupancy Rate (BOR) juga ikut menurun, selama Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, di Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Dumai, termasuk pelaksanaan PPKM level 3.

 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, kasus harian dibawah 1.000 kasus, untuk hari, Minggu (22/4), penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 669 kasus, pasien yang sembuh 583 orang, dan pasien yang meninggal akibat Covid-19 bertambah 29 orang.

 

“Alhamdulillah kasus terkonfirmasi positif dalam beberapa hari terakhiri ini menurun. Tapi jangan terlalu senang dengan penurunan ini, karena masih fluktuatif, dan mudah-mudahan kasus ini akan terus menurun seterusnya. Dan masyarakat harus ingat jangan lengah dengan penurunan kasus ini,” ujar Mimi Yuliani Nazir.

 

Dijelaskan Mimi, positive rate saat ini juga jauh menurun bila dibandingkan seminggu yang lalu. Dimana positive rate berada diangak 12 persen, sebelumnya positive rate mencapai 20 persen. Penurunan ini juag dilihat dari sample swab yang masuk hasil pemeriksaan diatas 4.000 sample , dengan hasil kasis positif 500 kasus.

 

“Hasil pemeriksaan sample cukup tinggi, kalau misalnya sample yang dileriksa sedikit berarti positive ratenya tidak turun. Nah sekarang pemeriksaan sudah sangat menurun hasilnya dari sample yang masuk, positive rate 12 persen. Bisa jadi penurunan kasus ini karena dari faktor penyekatan, pemeriksaan isolasi yang benar, dan kedisiplinan masyarakat dengan penerapan PPKM,” kata Mimi.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X