Sekper PT BSP: Deviden Menurun Karena ICP Menurun Tahun Ini Meningkat

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 16:52 WIB
Komisaris PT BSP, Riki Hariansyah
Komisaris PT BSP, Riki Hariansyah

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Sekretaris Perusahaan (Sekper), PT Bumi Siak Pusako (BSP), yang juga BUMD Riau, Riki Hariansyah, mengakui bahwa deviden dari perusahannya bagi Pemprov Riau pada tahun 2021 ini mengalami penurunan. Kondisi ini dikarenakan harga rata-rata minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP), mengalami penurunan pada tahun 2020, dan berpengaruh terhadap produksi yang ada di BSP.

 

“Ini di karenakan penurunan harga ICP (indonesia crude price), pada tahun 2020 ICP rata-rata 43 USD, biasanya 3 tahun sebelumnya mencapai 65-67 USD/barel. Namun secara operasi masij normal, rata-rata produksi di 9200 an barel/day, harga UAD 14000 an, ada penurunan sebesar +- 33 % ICP, dari tahun sebelumnya,” ujar Riki melalui pesan Whatsapnya.

 

Dijelaskan Riki, deviden yang dihasilkan oleh PT BSP tergantung dari tiga faktor, mulai dari produksi, pengaruh dari naiknua nilai mata uang Dolar, sampai dengan ICP. Jika ICP naik maka penghasilan akan naik, namun jika ICP menurun maka juga akan menurun penghasilan yang menyebabkan deviden juga mengalami penurunan.

 

“Deviden BSP itu tergantung oleh 3 faktor, pertama Produksi/ lifting, kedua USD terhadap rupiah, dan ketiga harga. Biasanya industri migas itu mengalami penurunan pendapatan di karenakan haraga minyak mentah dunia, kalau kita ICP, tapi kegiatan operasi normal-normal saja. Untuk laba tahun ini, laba bersih 1,97 juta USD, sekitar Rp28,7 milyar. Biasanya laba mencapai 80 Miliar,” jelasnya.

 

Untuk meningkatkan laba bersih atau deviden dari PT BSP, pihaknya telah melakukan evaluasi dan meningkatkan kinerja, seiring dengan melihat naiknya ICP. Untuk tahun 2021 ini ICP diinformasikan naik mencapai 65 USD/barel. Dan diharapkan peningkatan ini akan lebih meningkatkan kinerja dengan menambah sumur bor diwilayah kerja BSP.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Harga TBS Sawit di Riau Pekan Ini Alami Penurunan

Selasa, 30 November 2021 | 11:48 WIB

Kemendag: Cangkang Sawit Riau Diekspor ke Jepang

Senin, 29 November 2021 | 19:47 WIB
X