Deviden BUMD Riau Tahun Ini Meningkat, Hanya PT BSP Mengalami Penurunan Mencapai Rp12 M

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 15:34 WIB
Kepala Biro Ekonomi Jhon A Pinem
Kepala Biro Ekonomi Jhon A Pinem

PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau, telah menerima laporan deviden dari 8 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk tahun 2021. Dari 8 BUMD tersebut, PT Bank Riau Kepri (BRK), peyumbang deviden terbanyak yakni sebesar Rp106,306 Miliar, sedangkan BUMD yang sama sekali belum memberikan deviden, dan hanya menerima anggaran dari APBD saja, yakni PT Riau Petrolium.

 

Sementara BUMD lainnya, PT Bumi Siak Pusako (BSP) mengalami penurunan deviden yang cukup signifikan dari tahun 2020 sebesar Rp14,964 miliar, untuk tahun ini sebesar Rp3,962 miliar, dengan selisih deviden sebesar Rp12,373 miliar. Dengan demikian BSP dalam menjalankan perusahaannya juga mengalami penurunan bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Riau, mengatakan, dari 8 BUMD yang telah berjalan selama satu tahun ini BRK masih tertinggi penyumbang deviden. Dan untuk tahun ini realisasi deviden mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara PT Riau Petrolium satu-satunya BUMD yang belum memberikan deviden sama sekali.

 

“Realisasi deviden BUMD kita mengalami peningkatan, tahun 2020 lalu sebesar Rp88,442 Miliar, untuk tahun ini sebesar Rp117,402 Miliar. Tentu ini hasil yang cukup baik bagi BUMD kita yang terus berjalan dan memberikan deviden bagi Pemprov Riau,” ujar Karo Ekonomi Jhon A Pinem.

 

Dijelaskan Jhon Pinem, untuk PT BRK sendiri mengalami peningkatan yang cukup baik, sedangkan Riau Petrolium sendiri belum menjalankan perusahaannya pada tahun sebelumnya, dan ditargetkan pada tahun ini, Riau Petrolium bisa memberikan deviden melalui kegiatan yang dijalankan.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Harga TBS Sawit di Riau Pekan Ini Alami Penurunan

Selasa, 30 November 2021 | 11:48 WIB

Kemendag: Cangkang Sawit Riau Diekspor ke Jepang

Senin, 29 November 2021 | 19:47 WIB
X