Bayar Pajak di Samsat Riau Sekarang Tanpa Turun dari Kendaraan

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 12:17 WIB
Gubernur Riau H Syamsuar resmikan drive trhu pembayaran pajak di Samsat Riau Jalan Sudirman Pekanbarru
Gubernur Riau H Syamsuar resmikan drive trhu pembayaran pajak di Samsat Riau Jalan Sudirman Pekanbarru

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pemilik kendaraan bermotor di wilayah administrasi Pekanbaru semakin dipermudah dalam melakukan pembayaran pajak. Pasalnya wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak tahunan di Samsat Drive Thru. Dengan begitu, wajib pajak tidak perlu repot antri untuk membayar kewajiban pajak kendaraannya karena bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan kendaraan. 

Terobosan ini dilakukan dalam  meningkatkan layanan pembayaran pajak kendaraan, Bapenda bersama dengan Ditlantas Polda Riau dan PT Jasa Raharja Cabang Riau telah membuka layanan Samsat Drive Thru tepat di depan kantor Bapenda Riau, Simpang Tiga Pekanbaru Selatan. 

Kepala Bapenda Riau, Herman mengatakan Samsat Drive Thru ini memberikan pelayanan yang nyaman dan mudah diharapkan kedepan masyarakat akan lebih taat untuk membayar pajak, khususnya pajak kendaraan bermotor. Layanan ini diresmikan pengoperasiannya oleh Gubernur Riau bersama Kapolda Riau pada 9 Agustus 2021 tepat dengan hari jadi Prop. Riau," ungkapnya.  Peresmian juga dihadiri Kepala PT. Jasa Raharja diwakili kabag Operasional serta Forkopinda Riau.

Lanjutnya, masyarakat yang akan menggunakan layanan Samsat drive thru cukup membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sedangkan untuk pembayarannya dapat dilakukan secara non tunai dengan memanfaatkan mesin edc Bank Riau di Samsat Drive Thru. "Petugas akan memberikan jumlah nominal pembayaran sehingga wajib pajak hanya perlu membayar sesuai nominal.

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Riau diwakili Kabag.Operasional Ahmad Ilham menambahkan layanan Samsat Drive Thru mulai dimanfaatkan oleh wajib pajak dimana sudah mulai diujicobakan sejak Jum'at kemarin. "Sistem layanan ini akan terus kami sosialisasikan penggunaannya agar kemanfaatannya dirasakan masyarakat," ujarnya. 

Dengan memanfaatkan fasilitas bayar pajak lewat Samsat Drive Thru ini jelas lebih menghemat waktu dan ruang, tanpa harus mengantri. Juga tentunya dapat menghindari kemungkinan berkerumun yang dapat memperluas sebaran Covid-19 yang tak kunjung usai. Membayar pajak secara Drive Thru di Samsat jadi jawaban untuk masalah ini. 

Untuk wajib Pajak Kendaraan Bermotor berikut langkah-langkah membayar pajak dengan memanfaatkan fasilitas Drive Thru di Samsat. Adapun yang perlu disiapkan yakni dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk atau KTP asli, Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK asli.  Kemudian bawalah kendaraan yang akan didaftarkan perpanjangannya ke Drive Thru Samsat dan lakukan proses identifikasi dan verifikasi dengan mendaftarkan perpanjangan kendaraan ke loket pendaftaran pertama.

Setelah itu, untuk melakukan pembayaran, bawa kendaraan yang akan didaftarkan perpanjangan ke loket kedua. Maka Jumlah tagihan pajak kendaraan bermotor yang harus dibayar akan ditampilkan melalui layar monitor di loket pembayaran.

BarulahWajib pajak dapat membayar secara tunai dan non tunai melalui mesin edc BRK.Setelah pajak kendaraan bermotor dibayar, STNK dapat diterima oleh wajib pajak.

Layanan Samsat Drive Thru dibuka setiap hari Senin hingga Kamis pada pukul 8.00 hingga pukul 13.00 dan hari Jumat dan Sabtu pada pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB,"pungkasnya.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Renny Rahayu

Tags

Terkini

X