Kejaksaan Tinggi Riau Rapat Bersama Badan Pemeriksa Keuangan RI, Ini yang Dibahas

- Senin, 28 November 2022 | 17:24 WIB
Kejati Riau rapat bersama Tim dari BPK RI (Dodi/HRC)
Kejati Riau rapat bersama Tim dari BPK RI (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau melakukan rapat dengan Badan Pemeriksa Keuangan RI, Senin (28/11). Kegiatan ini dalam rangka Pemeriksaan Interim Atas Laporan Keuangan (LK) Kejaksaan RI Tahun Anggaran (TA) 2022.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Vicon Kejati Riau itu dihadiri Wakil Kepala Kejati Riau (Wakajati) Akmal Abbas, para asisten, para kepala seksi (kasi) Bidang Pengawasan, Kasubag Keuangan beserta seluruh staf, dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta Auditor Kejati Riau Tahun 2022.

Turut hadir, Ketua Sub Tim 1 BPK RI, Susilo Yuwono, serta Pemeriksa Keuangan.

Dalam sambutannya, Wakajati Riau Akmal Abbas menyambut baik kedatangan tim dari BPK RI tersebut. Dia turut mengucapkan terima kasih atas petunjuk dan rekomendasi yang disampaikan pihak auditor tersebut.

"Ini tentunya memotivasi segenap satuan kerja di lingkungan Kejaksaan Tinggi Riau untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan, demi penyempurnaan praktik pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan agar menjadi lebih baik lagi," ujar Akmal Abbas.

Sementara itu, Ketua Sub Tim 1 BPK RI Susilo Yuwono menjelaskan, tujuan pemeriksaan interim adalah untuk memutakhirkan profil risiko serta pengendalian internal dalam proses penyusunan LK Kejaksaan TA 2022.

"Ada tiga sasaran dan fokus pemeriksaan yang dilakukan," kata Susilo.

Adapun yang pertama, kata dia, profil risiko dalam proses penyusunan LK Kejaksaan TA 2022 dan pengendalian internalnya. Termasuk risiko yang ditimbulkan dari sistem informasi dan aplikasi yang digunakan dalam proses penyusunan LK Kejaksaan TA 2022.

Lalu yang kedua, temuan pemeriksaan pada tahun-tahun sebelumnya, khususnya pemeriksaan yang mempengaruhi opini Laporan Keuangan Kementerian Lembaga (LKKL).

"Terakhir atau yang ketiga, yaitu pengujian substantif transaksi siklus pendapatan dan belanja sampai dengan Triwulan III Tahun 2022 pada satuan kerja di lingkungan Kejati Riau Riau," pungkas Susilo.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X