Kendaraan ODOL Dilarang Lewat Tol Pekanbaru - Bangkinang

- Senin, 28 November 2022 | 16:48 WIB
ihak Kepolisian mengingatkan kendaraan yang masuk kategori Over Dimension Over Loading (ODOL) untuk tidak melewati ruas Tol Pekanbaru - Bangkinang (Media Center Riau)
ihak Kepolisian mengingatkan kendaraan yang masuk kategori Over Dimension Over Loading (ODOL) untuk tidak melewati ruas Tol Pekanbaru - Bangkinang (Media Center Riau)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pihak Kepolisian mengingatkan kendaraan yang masuk kategori Over Dimension Over Loading (ODOL) untuk tidak melewati ruas Tol Pekanbaru - Bangkinang. Jika nekad, tindakan tegas akan dilakukan.

Demikian diungkapkan Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Riau, Kombes Pol Firman Darmansyah melalui Kepala Satuan (Kasat) PJR, Kompol Budi Setiawan, Senin (28/11). Dikatakan Budi, tol Pekanbaru - Bangkinang akan dilengkapi dengan sistem teknologi Weight in Motion (WIM).

Alat pendeteksi kendaraan ODOL atau kendaraan angkutan yang memiliki dimensi dan muatan berlebih atau tidak sesuai regulasi yang berlaku ini, sedang dipasang di gate atau pintu gerbang Tol Pekanbaru - Bangkinang.

"Sedang dipasang, bulan depan sudah operasi," ujar Kompol Budi.

Mantan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru itu menegaskan, bagi kendaraan ODOL yang masih coba-coba nekat masuk tol, maka petugas akan melakukan penegakan hukum. Dia menyebut, kelengkapan Tol Pekanbaru - Bangkinang sudah cukup baik, mulai dari sarana dan prasarana, rambu lalu lintas, pita kejut, hingga scotlight atau pemantul cahaya.

"(Tinggal) rest area belum siap. Untuk rest area baru siap lokasinya saja. Mungkin dalam beberapa waktu ke depan sudah tersedia," ucapnya.

Rencananya, di Tol Pekanbaru - Bangkinang akan dipasang kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Tapi sementara baru Tol Pekanbaru - Dumai yang sudah disurvei untuk pemasangan ETLE," imbuh dia.

Kompol Budi menyebut, Satuan PJR Ditlantas Polda Riau terus melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Kampar dalam hal pengamanan dan patroli Tol Pekanbaru - Bangkinang. Dimana petugas akan siap untuk melakukan pengamanan jalur, berpatroli, hingga melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) sesuai SOP.

Dia menambahkan, Tol Pekanbaru - Bangkinang sudah siap untuk dioperasikan secara penuh. Dari informasi yang didapatnya, Tol Pekanbaru - Bangkinang akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

"Tol Pekanbaru - Bangkinang sudah siap menunggu peresmian," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X