Tol Pekanbaru-Bangkinang Besok Beroprasi 27 Oktober, Gratis 2-3 Minggu Kedepan

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 12:23 WIB
Gerbang tol Bangkinang menuju Pekanbaru  (ist)
Gerbang tol Bangkinang menuju Pekanbaru (ist)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kabar gembira bagi masyarakat Riau khususnya yang selama ini menempuh perjalanan memakai mobil tujuan Pekanbaru-Bangkinang (Kabupaten Kampar) atau sebaliknya. Tanggal 27 Oktober nanti, Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) rute tersebut akan beroprasi.

Pejabat (PJ) Bupati Kampar, Kamsol menyambut baik rencana jalan Tol Trans Sumatra (JJTS) ruas Pekanbaru -Padang pada seksi Pekanbaru-Bangkinag yang rencananya akan segera dilakukan uji coba pada, Kamis (27/10/2022) mendatang.

Kamsol mengungkapkan, pada hari Rabu (26/10/2022), PT Hutama Karya akan mengadakan sosialisasi dalam rangka pembukaan Jalan Tol tersebut.

"Jadi akan secara resmi tanggal 27 pagi jam 07.00 WIB akan dibuka jalan tol (ruas Pekanbaru-Bangkinang). Berlaku free (gratis) untuk seluruh masyarakat dalam rangka uji coba," ujarnya, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, yang dilansir dari halloriau Senin (24/10/22).

Menurut Sekertaris Daerah Riau, SF Harianto, pengoprasian uji coba tol ini akan diselengarakan dalam waktu dua tiga minggu kedepan secara gratis, pengoperasian gratis ini berlaku sepanjang 31 kilometer. Selanjutnya akan dilakukan sistem berbayar.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Dia menjelaskan, untuk tarif tol Pekanbaru-Bangkinang ini per-kilometernya sekitar Rp1000. Sedangkan panjang tol tersebut sekitar 31 kilometer.

"Tol Pekanbaru-Bangkinang ada sekitar 31 kilo, tambah pajak mungkin sekitar Rp 35.000an lah yang kita bayarkan untuk memasuki tol. Itu berlaku setelah uji coba ini," lanjutnya.

Pj Bupati Kampar melanjutkan, untuk seksi tol Bangkinang-Pangkalan masih proses pengerjaan, karena itu masih ada status hutan yang belum diselesaikan ganti ruginya.

Untuk itu ia mengharapkan, segala permasalah Tol Bangkinang-Pangkalan dapat selsai dalam waktu dekat.

"Jadi Tol Pekanbaru-Bangkinang (beroperasi, red), Bangkinang-Pangkalan semoga cepat selesai. Tinggal kita menunggu dari Sumbar saja," ungkapnya.

Dikutip dari situs media center riau, Kamsol mengaku belum mendapatkan informasi kapan tol seksi Pekanbaru-Bangkinang tersebut di resmikan. Namun sebutnya, yang jelas tol itu sudah bisa dioperasikan saja sudah sangat bersyukur.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Halloriau.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketum Ika UNRI Tampil di Podcast Perdana Ikafe

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:03 WIB
X