Sekdaprov SF Hariyanto Dituding Terima Uang Proyek, Kejati Riau Lakukan Telaah

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 19:52 WIB
 (Dodi/HRC)
(Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto diterpa isu tak sedap, yakni dituding menerima uang Rp2 miliar dari pemenang tender proyek pembangunan Jalan Bagansiapiapi-Teluk Piyai. Hal ini kemudian dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau.

Demikian disampaikan Bambang Heripurwanto, Kamis (6/10). Pernyataan Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau itu usai menerima massa aksi yang menggelar demo di depan Kantor Kejati Riau.

Saat itu, ada dua kelompok massa yang melakukan aksi di depan Kantor Korps Adhyaksa dengan membawa pernyataan sikap dan tuntutan yang sama.

Dikatakan Bambang, pihaknya telah menerima pernyataan sikap dan tuntutan massa aksi yang diserahkan ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kejati Riau. Terhadap laporan tersebut akan ditindaklanjuti.

"Pernyataan sikap dan tuntutan sudah diserahkan ke PTSP. Laporan itu kami telaah," ungkap Bambang.

Penelaahan itu akan dilakukan jika masyarakat menyampaikan laporan pengaduan dengan mempedomani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 tahun 2018. Di situ diatur tentang tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Kalau sudah terpenuhi, masyarakat boleh mempertanyakan," pungkas Bambang.

Pantauan di lapangan, ada dua kelompok massa yang berjumlah puluhan orang, yakni berasal dari Mahasiswa Anti Korupsi Pekanbaru dan Aliansi Mahasiswa Anti Suap (AMAS) Pekanbaru. Dalam aksinya mereka membawa sejumlah atribut, seperti spanduk dan karton.

Spanduk tersebut bertuliskan ‘Kami meminta Kejati Riau agar memeriksa dugaan penerima suap tender PT Vetia Delicipta, SF Hariyanto dan Rahmad Ramadyanto. Dalam spanduk itu terpampang foto Sekdaprov Riau dan Karo Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau.

Selain itu juga terdapat spanduk bertuliskan. ‘SF Hariyanto dan Rahmad Ramadyanto, diduga penerima suap terhadap tender proyek PT Vetia Delicipta’.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X