Sekdaprov Pastikan Porprov Riau X Tetap Sesuai Skedul, Kuansing Diminta Siapkan Pergeseran Anggaran

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:23 WIB
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto, bersama KONI Riau dan Kabupaten Kota saat meninjau venur Porprov di Kuansing beberapa waktu lalu.
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto, bersama KONI Riau dan Kabupaten Kota saat meninjau venur Porprov di Kuansing beberapa waktu lalu.

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, kembali memastikan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi ke X, di Kabupaten Kuantan Singingi, tetap sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Walaupun adanya kendala tuan rumah karena tidak adanya tambahan anggaran, karena tidak disahkannya APBD Perubahan Kuansing tahun 2022.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto, mengatakan, ia telah meakukan rapat koordinasi bersama KONI Kabupaten/Kota, dan tim Wasrah KONI Provinsi Riau, di ruang rapat Sekdaprov Riau, Kantor Gubernur Riau, Rabu (5/10).

Sekda mengatakan, memang sempat ada masalah pengesahan anggaran perubahan Kuansing tahun 2022. Termasuk persoalan anggaran karena Kuansing melakukan anggaran perubahan yang sebagian besar terdapat kegiatan Porprov X Riau, Sekda menegaskan tidak ada masalah karena bisa dilakukan pergeseran.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada seluruh KONI kabupaten/kota se Riau, pada prinsipnya untuk pelaksanaan Porprov X Riau di Kuansing tetap dilaksanakan sesuai skedul. Untuk anggaran tidak ada kendala walaupun Kuansing tidak ada APBD-P 2022. Karena bisa dilakukan pergeseran anggaran, dan itu dibolehkan dalam aturannya," ujar SF Hariyanto.

SF Hariyanto, menegaskan jangan ada lagi kekhawatiran KONI kabupaten/kota jika Porprov X Riau tidak bisa dilaksanakan. Jika Porprov tidak dilaksanakan dikhawatirkan akan ada  konsekuensi hukum kedepannya. Karena KONI kabupaten/kota sudah mengalokasi anggaran, dan anggaran sebagian sudah digunakan untuk persiapan.

"Kasihan kabupaten/kota, mereka sudah mengalokasikan anggaran, sudah membelanjakan baju atlet, persiapan sudah matang, kalau tak jadi pasti ada konsekuensi hukum kedepan," tegasnya.

Sementara itu, Wakil ketua III KONI Riau, Khairul Fahmi yang ikut dalam rapat tersebut, menyambut baik usaha dari Pemprov Riau, melalui Sekdaprov Riau yang mau memfasilitasi Pemkab Kuansing dalam menggunakan anggaran Silpa APBD Kuansing.

“Jadi tadi Sekda memfasilitasi kami bersama KONI Kabupaten Kota. Sekda menjelaskan, bahwa pelaksanaan Porprov tetap dilaksanakan di Kuansing. Pemkab Kuansing melakukan pergeseran anggaran dan bisa, dan Sekda berjanji akan melakukan pertemuan dengan Mendagri terkait pergeseran anggaran tersebut,” kata Fahmi.

“Anggaran yang difasilitasi, disesuaikan dengan anggaran yang dibutuhkan. Kebutuhan itu harus diselesaikan segera lakukan pergeseran. Dan KONI Kabupaten Kota fokus mempersiapkan atlet untuk Porprov,” tambahnya.

Terkait dengan cabor yang dipertandingkan, Fahmi mengatakan, sesuai kesepakatan awal tetap mempertandingkan 27 cabor, 25 cabor di Kuansing, dan 2 cabor di Pekanbaru. “Untuk dua cabor yang di Pekanbaru masih cabor Renang dan Panjat Tebing. Selebihnya di Kuansing. Untuk venue tuan rumah Kuansing tetap menyiapkannya, tidak ada yang tidak bisa, kata pak Sekda,” jelas Fahmi.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X