Gubri Beri Penghargaan kepada RAPP, Perusahaan Terdepan Atasi Stunting

- Senin, 3 Oktober 2022 | 20:52 WIB
Gubri Syamsuar, menyerahkan penghargaan kepada RAPP yang peduli terhadap stunting
Gubri Syamsuar, menyerahkan penghargaan kepada RAPP yang peduli terhadap stunting

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar, memberikan penghargaan kepada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), sebagai perusahaan terdepan dalam pengentasan stunting. Penghargaan ini juga diberikan kepada lima kabupaten terbaik. Sedangkan, perusahaan swasta yang menerima penghargaan ini hanya PT RAPP/ APRIL Grup.

Gubri Syamsuar, mengatakan di Riau banyak terdapat perusahaan-perusahaan besar, sehingga diharapkan bisa berkontribusi dalam menangani kemiskinan ekstrem di Bumi Lancang Kuning ini.

Berdasarkan data Maret 2022 Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan secara umum Indonesia adalah sejumlah 9,54 persen atau 26,16 juta jiwa dan Provinsi Riau sebesar 6,78 persen atau 483,03 ribu jiwa dengan garis kemiskinan Rp. 605.912,-per kapita per bulan.

Untuk mengatasi kemiskinan ekstrem, Gubri menyebut tidak dapat hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun unsur non pemerintah dan swasta juga berperan penting dalam upaya percepatan tersebut.

"Di Riau ini sebenarnya kan banyak sekali perusahaan besar, disemua daerah ada perusahaan. Kalaulah perusahaan swasta di semua daerah ini mau membantu, sudah selesai nih kemiskinan ekstrem," ujar Gubri, dalam Rapat Koordinasi Teknis Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Provinsi Riau Tahun 2022, berlangsung di Hotel Pangeran Pekanbaru, Senin (3/10)

Dijelaskan Syamsuar, ia berharap, bupati/walikota membuat perjanjian atau kerjasama secara tertulis bersama pihak swasta dalam upaya pengentasan kemiskinan didaerah.

"Karena itu harapan kami melalui bupati/wali kota, ajak mereka (swasta) buat perjanjian kerjasama secara tertulis, karena CSR nya itu bisa membantu. Saya pikir sudah sewajarnya juga bupati/wali kota menunjukkan kewenangan di daerahnya masing-masing," kata Gubri.

Lebih jauh dikatakan Gubri, dalam mempercepat kesejahteraan masyarkat utamanya, sangat diperlukan unsur non pemerintah. Apalagi, pengentasan kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, dan persoalan inflasi merupakan kerja kolaborasi, yang memerlukan dukungan dari unsur TNI/Polri, swasta, hingga masyarakat. 

"Pemerintah menyadari bahwa upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat tidak dapat hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun unsur non pemerintah dan swasta juga berperan penting dalam upaya percepatan tersebut," tutup Gubri

Untuk diketahui, sebelumnya Pemerintah Provinsi Riau bersama menjalin kerjasama dengan PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), dalam rangka untuk menyukseskan program pembangunan, mengentaskan kemiskinan dan masalah sosial, diwilayah kerja operasi RAPP di lima Kabupaten, diantaranya, Pelalawan, Siak, Kampar, Kuantan Singingi dan Kepulauan Meranti.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X