Varian Delta Berkemungkinan Sudah Masuk, Yovi: Kasus Kematian Meningkat Saatnya Khawatir, Saatnya Prokes

- Selasa, 27 Juli 2021 | 20:06 WIB
Juru bicara penanganan Covid-19, dr Indra Yovi
Juru bicara penanganan Covid-19, dr Indra Yovi

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kasus penambahan pasien terkonfirmasi positif dan kasus kematian akibat Covid-19 setiap hari masih terus mengalami peningkatan, dan memecahkan rekor baru. Dikhawatirkan setiap harinya akan terus terjadi peningkatan kasus, jika masyarakat tidak mentaati aturan yang telah dikeluarkan pemerintah terutama mematuhi Protokol kesehatan, memakai masker dan menghindari kerumunan.

 

Juru bicara Penanganan Covid-19, dr Indra Yovi, mengatakan, saat ini kasus Covid-19 yang ada di Riau ini berkemungkinan sudah masuk varian Delta, namun belum ada keterangan pasti dari pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan. Dari kasus positif yang setiap harinya terjadi penyebaran diatas 500 kasus, bisa dikategorikan sebagai kasus varian Delta. Bahkan varian Delta ini bisa menularkan dari 1 orang kepada 10 orang yang ada disekitarnya.

 

“Varian delta, begitu terkonfirmasi diatas 500 secara epidemologi berkemungkinan besar delta, cuma belum bisa memastikannya menunggu hasil pemeriksaan Litbankes. Pemeriksaan lama kemungkinan kasus diakhir Juli. Tapi apapun itu prinsipnya sama, anda memakai maske insya Allah terlindungi dengan baik,” ujar dr Indra Yovi.

 

Dijelaskan Dokter ahli paru ini, angka kematian setiap harinya di Riau diatas 30 orang. Jika dikalikan setiap jamnya maka kasus kematian di Riau, khsususnya di Pekanbaru mencapai 1 sampai 2 orang perjamnya. Untuk jumlah ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit yang ada di Riau sudah diatas 70 persen, termasum ruang ICU juga diatas 90 persen.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Dewan Pers Apresiasi Pergub Kerjasama Media di Riau

Jumat, 24 September 2021 | 19:24 WIB

Pulang Kampung Gubri Tambah Bonus Leani Rp1 M

Minggu, 19 September 2021 | 20:03 WIB
X