Monitor Karhutla di Rohil dan Rohul, Gubri: Sudah Dilakukan Pendinginan Tinggal Asap

- Jumat, 23 Juli 2021 | 12:34 WIB
Tim Satgas Karhutla saat melakukan pendinginan di hutam lindung Bukit Suligi, Rohu. Luas lahan yang terbakar masih dalam pemghitungan dari Dinas LHK Riau (foto DLHK Riau)
Tim Satgas Karhutla saat melakukan pendinginan di hutam lindung Bukit Suligi, Rohu. Luas lahan yang terbakar masih dalam pemghitungan dari Dinas LHK Riau (foto DLHK Riau)

Pekanbaru-Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) baik dari tim darat dan udara, telah berhasil mengatasi Karhutla di Bukit Suligi yang berada di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rohul. Saat ini tim Satgas masih melakukan pendinginan, termasuk dari Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Riau, yang berada dilokasi.

 

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan penanganan Karhutla tetap menjadi perhatian khusus dari Pemprov Riau, bersama Satgas TNI/Polri, dan pemerintah pusat, agar tidak meluas Karhutla di Riau. Karhutla yang terjadi di Rohil dan Rohul sudah dilakukan pemadaman dan pendinginan.

 

“Karhutla tetap menjadi penanganan kita, dan kami tetap memonitor dan saat ini memang ada di Rohil, sudah ditangani walupun saat ini, masih juga ada tumbuh dibeberapa lokasi tapi itu tetap dipadamkan sekarang dalam rangka pendinginan,” ujar Gubri, Syamsuar, Jumat (23/7).

 

“Termasuk di Bukit Suligi, di Rohul dapat laporan sudah padam tinggal asapnya, tinggal upaya pendinginan terus dilakukan oleh satgas dan masyarakat yang ada di darat dan dilapangan TNI/Polri dan masyarakat peduli api,” tambah Gubri.

 

Dijelaskan Gubri, Karhutla yang terjadi di Riau ini, sebagian besar dilakukan orang yang akan membuka lahan. Namun seluruh kasus Karhutla di Riau tetap ditangani oleh penegak hukum, dalam menyelidiki kebakaran hutan. Syamsuar pun menghimbau kepada masyarakat untuk membuka lahan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Terkini

Dewan Pers Apresiasi Pergub Kerjasama Media di Riau

Jumat, 24 September 2021 | 19:24 WIB

Pulang Kampung Gubri Tambah Bonus Leani Rp1 M

Minggu, 19 September 2021 | 20:03 WIB
X