Hutan Lindung Bukit Suligi Terbakar 99 Persen Diduga Dibakar, BPBD: Satgas Berhasil Padamkan Dengan 61 Kali WB

- Kamis, 22 Juli 2021 | 18:56 WIB
Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal, bersama tim Satgas, saat melihat kondisi lahan yang terbakar usai pendinginan, di Kabupaten Rohil beberapa hari lalu.
Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal, bersama tim Satgas, saat melihat kondisi lahan yang terbakar usai pendinginan, di Kabupaten Rohil beberapa hari lalu.

 


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, kembali terjadi setelah di Kabupaten Rokan Hilir, kini giliaran di Kabupaten Rokan Hulu terjadi kebakaran hutan yang cukup luas. Bahkan hutan yang terbakar merupakan hutan lindung yang berada di Bukit Suligi yang berada di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rohul.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, mengatakan, tim satuan tugas (Satgas) Karhutla melalui tim udara dengan menggunakan Hely untuk water bombing (WB), berhasil memadamkan api. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 61 kali WB diterjunkan air ke lokasi Karhutla yang luasnya diperkirakan mencapai 100 Ha.

 

“Karhutla yang terjadi di kawasan hutan lindung di Bukit Suligi, telah berhasil dipadamkan oleh tim Satags udara di lokasi kebakaran. Satu hari full dilakukan pemadaman dengan Hely, 61 kali dilakukan WB, sekarang sudah pendinginan. Selain di Rohul, tim Satgas juga melakukan pemadaman di daerah Rokan Hilir, ini saya sedang di Rohil, mudah-mudahan semua bisa diatasi,” ujar Edy Afrizal, Kamis (21/7).

 

Dijelaskan Edy, saat ini tim Satgas penegak hukum (Gakkum) yang ada di Rohul masih menyelidiki kasus kebakaran di hutan lindung Bukit Suligi. Dari informasi yang berkembang diduga ada warga yang membakar di hutan yang dilindungi tersebut. Namun ia masih menunggu informasi pasti dari tim Gakkum Rohul, walaupun ia meyakini Karhutla yang terjadi merupakan ulah manusia.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Tren Pasien Sembuh Covid-19 Meningkat 1.179

Selasa, 3 Agustus 2021 | 19:52 WIB

Ini 14 Formasi CASN Riau Yang Tidak Ada Peminat

Selasa, 27 Juli 2021 | 15:34 WIB
X