Tinjau Operasi Pasar Stabilkan Inflasi, Gubri Ajak Masyarakat Menanam Cabai Dirumah

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:15 WIB
Gubri Syamsuar tinjau operasi pasar untuk menstabilkan inflasi, di Kandis Selatan Kabupaten Siak
Gubri Syamsuar tinjau operasi pasar untuk menstabilkan inflasi, di Kandis Selatan Kabupaten Siak

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar, langsung menjalankan kerja aksi nyatanya untuk menurunkan inflasi di Provinsi Riau, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Aksi nyata tersebut dengan mengadakan operasi pasar di Kabupaten Kota yang inflasinya cukup tinggi. Operasi pasar pertama diadakan di Kandis Selatan, Kabupaten Siak, Jumat (19/8).

“Kita hari ini mengadakan operasi pasar, termasuk di Pekanbaru juga sudah kita jalankan. Insha Allah di Dumai, nanti juga menyusul di daerah lainnya Tembilahan. Dimana inflasi yang tinggi kita masuk, dalam rangka menurunkan inflasi,” ujar Gubri, usai meninjau operasi pasar di Kandis, bersama Bupati Siak, Alfredi, dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Taufik OH.

Pada kesempatan tersebut, Gubri juga mengajak masyarakat Riau untuk bisa secara bersama menanam cabai di halaman rumah, maupun di ladang-ladang dan perkebunan. Dengan semakin banyaknya menanam cabai, maka akan meringankan masyarakat untuk tidak membeli cabai yang saat ini harga cukup tinggi.

“Jadi dengan menanam kita harapkan bisa menurunkan harga kebutuhan pangan, dan juga kita harapkan menurunkan inflasi, sesuai arahan Presiden inflasi dibawah 5 persen. Target ini bisa berbulan, bisa akhir tahun. Tapi inilah kerja nyata,” kata Gubri.

Sementra itu, salah seorang warga Kandis, Hafizah, bersukur dengan adanya operasi pasar yang ada di daerahnya. Karena harga bahan pokok terutama cabai dalam beberapa bulan ini melonjak tajam. Harha cabai yang biasa ia beli dipasar mencapai Rp75 ribu sekilo.

“Alhamdulillah, ada pasar murah, saya beli dua kilogram lumayan untuk stok. Harga disini Rp65 ribu, kalau dipasar bisa mencapai Rp72 ribu sekilonya. Mudah-mudahan terus berlanjut pasar murah ini,” kata warga Kandis ini.

Pada operasi pasar ini, tidak hanya cabai yang dijual tapi juga beras, minyak goreng, gula, sayur-sayuran, telur dan bahan pokok lainnya. Harga dijual dibawah harga pasar.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Riau, Syamsuar langsung mengambil langkah cepat untuk menurunkan angka inflasi Riau, setelah Presiden RI Joko Widodo, mengumumkan Riau masuk 4 besar tertinggi inflasi di Indonesia, yakni 7,04 persen.

Presiden mengumumkan angka inflasi di Indonesia mencapai 4,94 persen. Lima daerah tertinggi inflasi diantaranya Jambi, 8,22 persen, Sumbar 8,01 persen, Babel 7,77 persen dan Riau, 7,04 persen. Presiden mengingatkan kepada seluruh kepala daerah, untuk pengendalian terhadap inflasi.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Situs DPRD Riau di Hack!

Jumat, 30 September 2022 | 16:17 WIB

Tengku Fauzan Jabat Plt Sekwan Gantikan Jhoni Irwan

Rabu, 14 September 2022 | 13:48 WIB
X