Diserahkan PT SIR Tahun 2018, Pemprov Mulai Aspal Jalan Lintas Pekanbaru-Perawang

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:05 WIB
Jalan lintas Pekanbaru-Perawang dalam tahap pengaspalan
Jalan lintas Pekanbaru-Perawang dalam tahap pengaspalan

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau, akhirnya mengaspal jalan alternatif menuju Kabupaten Siak, melalui perusahaan perkebunan Sawit PT Surya Inti Raya (SIR), yang telah dibebaskan dan diserahkan ke Provinsi Riau pada tahun 2018 yang lalu.

Bahkan pada tahun 2018 Pemprov telah melakukan pelebaran jalan, dan direncanakan dilakukan pengaspalan pada tahun 2019 dengan anggaran mencapai Rp30 Miliar. Namun baru tahun 2022 ini, Pemprov Riau melakukan pengaspalan jalan yang menghubungkan Pekanbaru via Rumbai menuju Perawang, Siak, dengan anggaran sebesar Rp68,6 Miliar.

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, pengaspalan jalan Pekanbaru-Siak melalui PT SIR, sepanjang 9,5 Kilometet tersebut dalam tahap pengerjaan. Ia berharap setelah jalan yang melewati PT SIR tersebut selesai dibangun, masyarakat diminta dapat menjaga bersama-sama. 

"Jalan alternatif dari Pekanbaru menuju Siak tahun ini sudah mulai dibangun, tapi belum selesai dan masih tahap pekerjaan. Kami juga minta dukungan masyarakat untuk menjaga, nanti truk Over Dimension Over Load (ODOL) pula lewat situ, nanti cepat rusak jalannya," ujar Gubri.

Sementara itu, anggota DPR RI daerah pemilihan Riau, Arsyadjuliandi Rachman, bersyukur Pemerintah Provinsi Riau, mulai mengaspal jalan alternatif menuju Siak. Di mana jalan tersebut telah diserahterimakan saat dirinya menjabat sebagai Gubernur Riau pada tahun 2018.

“Alhamdulillah, jalan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mempersingkat jalan menuju Kabupaten Siak, dan juga Bengkalis, dari Rumbai, melalui jalan Okura. Kita sudah membebaskan lahan milik PT SIR tahun 2018 lalu. Termasuk pelebaran dan membangun beberapa jembatan, sekarang dilanjutkan pengaspalan,” kata Andi Rahman.

Untuk diketahui, penandatangan nota kesepahaman antara Pemprov Riau dan pihak PT SIR dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2018. MoU dilakukan antara Pemprov Riau saat itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, yang ditandatangani Kepala Dinas PU dengan  Direktur Utama (Dirut) PT SIR, Haryanto. MoU itu berisi penyerahan jalan perkebunan berstatus Hak Guna Usaha (HGU).

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Situs DPRD Riau di Hack!

Jumat, 30 September 2022 | 16:17 WIB

Tengku Fauzan Jabat Plt Sekwan Gantikan Jhoni Irwan

Rabu, 14 September 2022 | 13:48 WIB
X