Tertinggi Keempat se Indonesia, Gubri: Datangkan Cabe Dari Sumut Tekan Inflasi

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:21 WIB
Gubri Syamsuar saat mengikuti rapat secara virtual bersama Presiden RI, Riau empat besar inflasi tertinggi
Gubri Syamsuar saat mengikuti rapat secara virtual bersama Presiden RI, Riau empat besar inflasi tertinggi

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar langsung mengambil langkah cepat untuk menurunkan angka inflasi Riau, setelah Presiden RI Joko Widodo, mengumumkan Riau masuk 4 besar tertinggi inflasi di Indonesia, yakni 7,04 persen.

Langkah yang diambil oleh Gubri Syamsuar, dengan mengumpulkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dan mencari solusi menurunkan inflasi.

“Penyebabnya cabe, jadi kita tadi sudah mendapatkan informasi dari Presiden. Yang tinggi itu rata-rata Sumatra. Kita ranking empat tadi, nomor satu itu Jambi, kedua Sumbar, ketiga Bangka Belitung, dan kita keempat,” ujar Gubri, Kamis (20/8).

“Solusinya kita mencari cabe dari daerah lain, kita mencari cabe dari Sumatra Utara, kalau dari Sumbar belum karena naik terus. Inilah kita mengadakan rapat,” tambah Gubri.

Dijelaskan Gubri, selain itu untuk menekan angka inflansi di Riau setelah terjadi kenaikan. Ada upaya yang akan dilakukan dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Riau untuk mengurangi inflasi daerah. Operasi pasar di tiga wilayah yang inflasinya tinggi. Seperti di Kota Pekanbaru, Dumai, dan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

“Upaya selanjutnya adalah menggerakkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) terutama BUMDesa yang maju di Riau untuk mengembangkan usaha dibidang pertanian pangan. Jika satu BUMDesa saja bisa menanam cabai setidaknya di lahan setengah hektar, maka usaha tersebut berusaha membantu ketersediaan cabe di Riau,” kata Gubri.

Sebelumnya diberitakan, Presiden mengumumkan angka inflasi di Indonesia mencapai 4,94 persen. Lima daerah tertinggi inflasi diantaranya Jambi, 8,22 persen, Sumbar 8,01 persen, Babel 7,77 persen dan Riau, 7,94 persen.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Situs DPRD Riau di Hack!

Jumat, 30 September 2022 | 16:17 WIB

Tengku Fauzan Jabat Plt Sekwan Gantikan Jhoni Irwan

Rabu, 14 September 2022 | 13:48 WIB
X