Syaikh Maulana Husen Al Muqri Isi Pengajian Rutin di Kejati Riau

- Senin, 15 Agustus 2022 | 14:22 WIB
 (Dodi/HRC)
(Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau kembali melaksanakan pengajian rutin. Kali ini, pengajian diisi oleh Syaikh Maulana Husen Al Muqri.

Kegiatan tersebut diikuti para pegawai di lingkungan Kejati Riau. Selain itu, Ketua IAD Wilayah Riau, Ny Eti Marhaeniwati Subagja dan jajaran juga hadir dalam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di Masjid Al-Mizan Kejati Riau itu.

"Pengajian kali ini diisi oleh Syaikh Maulana Husen Al Muqri. Dalam penyampaiannya, tentang Pemegang Sanad Qiroat Cara Baca Al-Quran menjelaskan Qira'ah merupakan perbedaan bacaan yang dinisbatkan kepada salah satu qari’ atau imam," ujar Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Bambang Heripurwanto, Senin (15/8).

Riwayat adalah perbedaan bacaan yang dinisbatkan kepada yang meriwayatkan dari qari’ atau imam. Sedangkan thariq adalah perbedaan yang dinisbatkan kepada yang meriwayatkan dari rawi.

Syaikh Maulana Husen Al Muqri dalam penyampaiannya mengatakan, salah satu qira’ah populer di Indonesia, qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Imam Hafsh sendiri memiliki dua thariq atau jalan yang berbeda.

Baca Juga: Terseret Arus Saat Ambil Uang Tercecer, Pencarian Bocah Tenggelam di Talontam Masih Dilakukan

Pertama adalah qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Imam Hafsh melalui thariqnya ‘Amr bin Shabbah. Thariq ini meriwayatkan bahwa mad jaiz munfasil dibaca pendek satu alif atau dua harakat.

"Syaikh Maulana Husen Al Muqri menyampaikan, riwayat tersebut sering kali dipakai oleh orang Mesir," sebut Bambang.

Sedangkan kedua adalah melalui thariq-nya Imam 'Ubaid bin Shabah. Melalui thariq ini mad jaiz munfasil dibaca panjang sama persis dengan panjangnya mad wajib muttasil, yaitu dua alif atau empat harakat.

"Yang disebut terakhir inilah merupakan jalur sanad bacaan Al-Qur’an yang sampai kepada kita, orang Indonesia," lanjut mantan Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) itu.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Situs DPRD Riau di Hack!

Jumat, 30 September 2022 | 16:17 WIB

Tengku Fauzan Jabat Plt Sekwan Gantikan Jhoni Irwan

Rabu, 14 September 2022 | 13:48 WIB
X