Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

- Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
Ilustrasi SPBU (Alifya Adhila)
Ilustrasi SPBU (Alifya Adhila)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pihak kepolisian tidak menampik adanya sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) nakal di Provinsi Riau. Terhadap mereka dipastikan telah ditindak sesuai aturan hukum yang berlaku.

Hal itu disampaikan Kombes Pol Ferry Irawan, Senin (15/8). Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Riau itu menanggapi antrean panjang di SPBU untuk mendapatkan solar bersubsidi.

Dikatakan Kombes Pol Ferry, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal telah menginstruksikan jajarannya untuk melalukan pengawasan serta penindakan bilamana terjadi penyimpangan.

Diterangkan Kombes Pol, sejauh ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan juga Pertamina selaku penyalur.

Baca Juga: KPU Nyatakan 24 dari 40 Parpol Lolos Verivikasi Pemilu 2024

"Kami mengawasi tentang pelaksanaan kegiatan. Pertamina juga terus mengkoordinasikan dan memantau bersama kami tentang pelaksanaan pendistribusian BBM (Bahan Bakar Minyak, red) bersubsidi di SPBU," ujar Kombes Pol Ferry.

Diakuinya, memang ada beberapa SPBU melakukan pelanggaran. Seperti melakukan penjualan dengan kepada masyarakat yang menggunakan jeriken dan mobil yang sudah dimodifikasi untuk menampung BBM. Pelanggaran tersebut sudah diproses hukum dan didalami. Namun memang sampai saat ini belum ada terindikasi perusahaan penampung solar bersubsidi.

"Kita mendengar itu (perusahaan penampung solar subsidi, red). Sampai dengan hari ini, kami baru menemukan data pelaku yang menggunakan jeriken mobil yang dimodifikasi," sebut mantan Wakapolres Metro Tangerang Kota itu.

Dalam kesempatan itu, Kombes Ferry mengingatkan perusahaan untuk tidak menggunakan BBM solar bersubsidi. Karena sesuai aturan, untuk perusahaan diwajibkan menggunakan jenis solar industri. Dia memastikan Polisi tidak akan segan-segan menindak tegas perusahaan yang terbukti menggunakan maupun menampung solar subsidi.

"Diharapkan perusahaan gunakan solar industri sesuai dengan aturan pemerintah. Yang membeli solar di luar industri, kita lakukan penindakan," tegas Kombes Pol Ferry.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Situs DPRD Riau di Hack!

Jumat, 30 September 2022 | 16:17 WIB

Tengku Fauzan Jabat Plt Sekwan Gantikan Jhoni Irwan

Rabu, 14 September 2022 | 13:48 WIB
X