Jalin MoU dengan TNI Polri, BKKBN Riau Siap Terapkan Kesepakatan Tekan Angka Stunting

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 02:26 WIB
 (Nie/HRC)
(Nie/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Guna mempercepatan penurunan angka stunting, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan kolaborasi yang dituangkan dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU). Dalam kesepakatan ini juga turut dicetuskan strategi penurunan angka prevalensi stunting di Indonesia.

Acara yang digaler di Jakarta, Senin (8/8) ini turut disaksikan secara langsung oleh Perwakilan BKKBN dan TNI diseluruh Indonesia secara virtual.

Dalam sambutannya Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menuturkan bahwa kolaborasi tersebut merupakan salah satu langkah strategis dalam mempercepat penurunan stunting. Selain itu, Hasto menyebut pihaknya juga telah melakukan kolaborasi dengan beberapa sektor terkait, termasuk swasta.

"Saat ini ada 4,8 juta ibu hamil dan melahirkan. Kalau kita tidak melakukan apa-apa, maka akan ada 1,2 juta bayi yang lahir stunting. Karena itu harus berupaya keras dan melakukan kolaborasi untuk percepatan penurunan stunting," ujar Hasto.

Baca Juga: Husni Merza: Aplikasi 'SEPAKAT' Menjawab Problematika Kemiskinan di Kabupaten Siak

Sementara itu, Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa memaparkan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen mendukung BKKBN dalam menurunkan angka stunting. Dia juga mengatakan bahwa TNI akan memberikan fasilitas tambahan untuk menyokong percepatan penurunan stunting tersebut.

"TNI menyimpan seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama, sebagai pendamping dan guidence posyandu, posbindu, di semua tingkat," kata Andika.

Dia menyebut, dampak buruk dari stunting mampu memengaruhi produktivitas bangsa Indonesia di masa mendatang. Oleh karena itu, kata Andika, semua peran masyarakat diperlukan dalam program tersebut.

"Kami siap bantu sesuai instruksi bapak presiden," katanya.

Sebagaimana diketahui, telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara BKKBN dengan Dharma Pertiwi tentang peningkatan peran TNI dalam mendukung program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Situs DPRD Riau di Hack!

Jumat, 30 September 2022 | 16:17 WIB

Tengku Fauzan Jabat Plt Sekwan Gantikan Jhoni Irwan

Rabu, 14 September 2022 | 13:48 WIB
X