6 Jamaah Haji Kloter 4 Reaktif Positif Covid-19 Isolasi Mandiri di Daerah

- Minggu, 31 Juli 2022 | 18:17 WIB
Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy, menyambut kedatangan jamaah haji kloter 4 BTH
Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy, menyambut kedatangan jamaah haji kloter 4 BTH

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Jamaah Haji asal Riau secara bertahap telah dipangkan dari Arab Saudi, setelah menjalani ibadah haji. Untuk kloter pertama atau kloter 4 BTH 55 jamaah asal Kampar sampai di Pekanbaru, Jumat (29/7), dan kloter 5 BTH 450 jamaah dari Kampar, Indragiri Hulu, serta Pekanbaru, sampai malam ini, Minggu (31/7).

Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy, menjelaskan, dua kloter jamaah Haji asal Riau tersebut, sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing diinapkan terlebih dahulu di asrama embarkasi haji antara Riau, dan sekaligus pemeriksaan kesehatan terutama tes Covid-19, rapid antigen. Untuk jamaah yang sampai malam ini, pagi besok akan dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Alhamdulillah, kloter 4 jamaah haji asal Riau sampai dengan selamat, dan sudah kita sambut bersama Kementrian agama Riau. Sesuai dengan aturan yang berlaku jamaah yang sampai di Pekanbaru langsung dilakukan pemeriksaan Covid-19, di swab antigen. Hasil ada beberapa jamaah yang terkonfirmasi possitif,” ujar Masrul Kasmy, Minggu (31/7).

Dijelaskan Masrul Kasmy, bagi jamaah yang terkonfirmasi positif, tetap dilakukan aturan sesuai dengan anjuran Kementrian Kesehatan. Namun tetap dipulangkan ke daerah masing dengan perlakuan khusus kesehetan dari daerah. Dan sesampainya di daerah jamaah yang terkonfirmasi isolasi mandiri, agar tidak terjadi penyebaran yang lebih banyak baik terhadap keluarga atau masyarakat lainnya.

“Ada ditemukan jamaah yang reaktif positif, tapi perlakuannya dikembalikan kepada kabupten kota masing-masing. Mungkin kondisi tubuh tidak stabil, perawatan aturannya memang diisolasi mandiri. Jamaah kita inikan sudah sebulan lebih menjalani ibadah hani, karena berkaitan kepulang yang dirindukan di kontrol saja saat isolasi mandiri,” jelas mantan Pj Bupati Rohul ini.

Dari laporan yang diterima kata Masrul Kasmy, hasil pemeriksaan swab antigen dari jamaah kloter 4 BTH, terdapat 6 orang positif swab antigen. Sedangkan untuk klotet 5 BTH pihaknya masih menunggu laporan petugas kesehatan, yang melakukan pemeriksaan swab antigen.

“Setelah ditemukannya jamaha reaktof positif Covid-19, sebagai langkah antisipasi kemungkinan terjadi peningkatan suspect Covid-19, pada kloter berikutnya, akan disiapkan kamar sejumlah 15 yang lokasinya di asrama haji, dan terpisah dari jamaah lainnya. Ini untuk memudahkan pengecekan dan observasi jemaah positif,” jelas Masrul Kasmy.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X