Sore Ini Pukul 17.40 WIB, 55 Jamaah Haji Asal Kampar Mendarat di Pekanbaru

- Jumat, 29 Juli 2022 | 06:00 WIB
Pemulangan Jamaah Haji asal Riau mulai hari ini (foto Int)
Pemulangan Jamaah Haji asal Riau mulai hari ini (foto Int)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemulangan Jamaah Haji Riau, kloter pertama atau kloter 4 Debarkasi Batam telah diterbangkan dari Arab Saudi mulai tanggal 28 Juli. Dan sore ini, Jumat (29/7) langsung diterbangkan ke Bandara SSK II Pekanbaru. Jamaah Haji yang pertama datang berasal dari Kabupaten Kampar sebanyak 55 orang.

Jamaah asal Kampar ini diperkirakan sampindi Bandara Hang Nadim, Batam pukul 12.30, dan akan diterbangkan ke Pekanbaru, melalui Bandara Sutan Syarif Kasim pukul 16.30 WIB. Diperkirakan sampai di Pekanbaru pukul 17.40 WIB.

Selanjutnya secara bertahap jamaah Haji asal Riau akan tiba di Pekanbaru sesuai dengan jadwal pemulangan. Diantaranya, kloter 4 dari Bandara Hang Nadim Batam akan diterbangkan 29 Juli. Untuk kloter 5 BTH pada tanggal 31 Juli yakni jamaah Haji dari Kabupaten Kampar 345 jamaah, Inhu 101 jamaah, dan Pekanbaru 7 jamaah, total 450 jamaah termasuk TPH. Untuk penerbangan ke Pekanbaru diperkirakan pukul 21.00 WIB dan sampai pukul 21.55 WIB, penerbangan dari Bandara Hang Nadim, bertahap tiga penerbangan.

Untuk kloter 6 BTH berasal dari Kota Pekanbaru sebanyak 444 jamaah, sampai di Pekanbaru tanggal 3 Agustus. Kloter 7 BTH berasal dari Kabupaten Inhil 303 jamaah, dan Pelalawan 139 jamaah, sampai di Pekanbaru 3 Agustus. Sampai di Pekanbaru diperkirakan dini hari pukul 03.15 WIB.

Kloter 8 BTH, berasal dari jamaah Kabupaten Bengkalis 133 jamaah, Kuansing 114 jamaah, Rohil 129 jamaah, Kepulauan Meranti 65 jamaah dan Pekanbaru 1 jamaah, sampai Pekanbaru 5 Agustus. Diperkirakan sampai di Pekanbaru dini hari pukul 03.20 WIB.

Selanjutnya kloter 9 BTH, berasal dari Kota Dumai 86 jamaah, Rokan Hulu 240 jamaah, Kabupaten Siak 107 jamaah, dan Kota Pekanbaru 8 jamaah, sampai di Pekanbaru 6 Agustus. Dan kloter terakhir atau kloter 9 BTH, berasal dari Pekanbari 10 jamaah dan Inhil 2 jamaah. Diperkirakan sampai di Pekanbaru pukul 03.20 WIB.

Asisten I Setdaprov Riau mengatakan, pihaknya akan menyambut kedatangan jamaah asal Riau di Bandara SSK II Pekanbaru dan akan dibawa terlebih dahulun ke asrama haji Riau. Sesampainya di Pekanbaru tidak ada karantina bagi Jamaah Haji Riau, namun jamaah Haji Riau akan di tes kesehatan denga rapid antigen.

“Tentu jamaah yang datang ke tanah air terutama jamaah asal Riau akan kita sambut. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan jamaah sampai di Riau dalam keadaan sehat walafiat. Untum Jamaah yang datang dilakukan antigen sampai di Pekanbaru dan di cek kesehatan, jika sudah stabil semua langsung dipulangkan. Bagi yang terkonfirmasi dia di isolasi dulu, kemudian nanti secepatnya ada upaya untuk koordinasi dengan pihak yang ada di daerah,” jelas Masrul Kasmi.

Dijelaskannya, untuk Karantina jamaah haji yang dinyatakan sehat saat kepulangan ke Riau tetap akan dipantau kesehatannya. Jamaah dipantau di daerah masing-masing selama 21 hari oleh dinas kesehatan masing masing. Hal ini sekaligus meluruskan kabar bahwa jamaah haji akan dikarantina mandiri selama 21 hari.

 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X