Jalin Kerjasama dengan PSMTI, Andi Sebut BRK Jadi BPD Pertama di Sumatra Adopsi BI Fast

- Selasa, 26 Juli 2022 | 18:11 WIB
Dirut BRK Andi Buchari, menandatangani MoU dengan PSMTI
Dirut BRK Andi Buchari, menandatangani MoU dengan PSMTI

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Manajemen Bank Riau Kepri (BRK), terus menjalin kerjasama dengan pihak swasta dalam menjalankan bisnis Perbankan. Salah satunya dibuktikan dengan Penandatanganan nota kesepahaman antara Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau, tentang layanan jasa perbankan. Dan juga MoU BRK dengan Mahkota Motor tentang pengadaan kendaraan bermotor, Selasa (26/7).

Direktur Utama (Dirut) BRK, Andi Buchari, menjelaskan kepada PSMTI dan Mahkota Motor, bahwa BRK menjadi bank pembangunan daerah pertama (BPD) di Pulau Sumatera yang telah mengadopsi sistem BI Fast. Dimana, BI Fast merupakan infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan Bank Indonesia, yang dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan industri sistem pembayaran dalam memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat.

"Dengan BI Fast BRK nasabah akan lebih mudah untuk melakukan kegiatan transfer dengan biaya murah, dengan jumlah maksimum transfer hingga Rp250 juta. Bahkan BI FAST kita yang pertama di Sumatera, ini bentuk kepercayaan Bank Indonesia kepada BRK," ujar Andi Buchari.

Selain itu, BRK telah menghadirkan berbagai layanan digital dalam rangka mempermudah kegiatan transaksi nasabah. Dari sektor kredit, kata Andi Buchari, BRK mendorong dan terlibat langsung dalam hal promosi produk-produk UMKM. Hal ini sejalan dengan persentase kredit konsumtif di BRK yang didominasi oleh nasabah ASN. “Jadi kami juga bisa membantu untuk mempromosikan produk-produk UMKM tersebut,” jelasnya.

"Layanan digital di Bank Riau Kepri terus dikembangkan. Diantaranya ada QRIS BRK yang mana layanan ini mempermudah nasabah saat melakukan transaksi. Kita juga punya CMS. Kami juga mendorong kepada nasabah untuk memanfaatkan layanan ini,” jelas Andi Buchari.

Sementara itu, Ketua PSMTI Riau Steven Sanjaya, menyambut baik kerjasama ini. Dia mengatakan bahwa masyarakat Marga Tionghoa di Riau sejak dulu sudah menaruh kepercayaan kepada Bank Riau Kepri, sebagai bagian dari penguatan-penguatan perekonomian daerah

“Mendapatkan kepercayaan dari BRK merupakan hal yang sangat membanggakan bagi kami . Kami (PSMTI)  sudah ada di 28 provinsi. Kami lebih banyak bergerak di bidang sosial, namun dalam struktur organisasi ada banyak bidang yang dijalankan. Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut ke depannya,” ujarnya.

“Bagi saya Bak Syariah tidak asing lagi, karena sejak tahun 1999 sudah nasabah bank syariah Muamalat. Kita cuma membuka rekening di bak Syariah Muamalat, dan bisa mengambil di kantor pos. Sampai hari ini pinjaman besar di Bank Syariah sudah 7 tahun, kreditnya di sektor perkebunan,” tambahnya.

Penandatangana MoU juga disaksikan oleh seluruh manajemen BRK, dan Pemprov Riau, di Menara Gedung Bank Riau Kepri.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X