Lepas 31 Calon Praja IPDN, Gubri: Ikuti Segala Aturan Jaga Marwah Riau

- Senin, 25 Juli 2022 | 11:00 WIB
Asisten II Setdaprov Riau, dan Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, foto bersama calon Praja IPDN
Asisten II Setdaprov Riau, dan Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, foto bersama calon Praja IPDN

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Sebanyak 31 calon Praja Institut Pendidikan Dalam Negri (IPDN), yang akan menimba ilmu di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat, dilepas oleh Gubernur Riau, Syamsuar, yang diwakili asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan, bersama kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, Senin (25/7).

“Anak-anak kami resmi telah menjadi calon Praja IPDN asal pendaftaran Provinsi Riau. Sebagaimana telah melalui proses seleksi yang sangat kompetitif, dari 858 orang yang mendaftar hanya 31 orang yang dinyatakan lulus seleksi,” ujar M Job Kurniawan, saat menyampaikan sambutan Gubernur.

“IPDN merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan dilingkungan Kementrian Dalam Negri RI, dengan sistem pendidikan Tri tunggal terpusat, pengajaran, pengasuhan mempersiapkan kader pemerintahan yang memiliki kompetensi kepamongprajaan, berkarakter, dan bekepribadian unggul,” tambahnya.

M Job Kurniawan kembali mengingatkan, bahwa dalam pembelajaran di IPDN tetap memberlakukan sistem kumpul sebar kumpul dalam pendidikan. Dan diawal pendidikan terpusat di kampus IPDN Jatinangor. Pada tingkat tertentu Praja kemudian disebar sebagai kampus regional seperti kampus di Sumatra Barat, NTB, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Papua dan Kampus IIP Jakarta.

“Nanti di akhir masa pendidikan para Praja kembali melaksanakan pendidikan di Kampuas IPDN Jatinangor. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan para Praja IPDN agar siap ditempatkan, dimanapun di seluruh Indonesia. Selama melaksanakan proses pendidikan di IPDN ikutilah segala aturan yang berlaku, jagalah sikap, perbuatan, tingkah laku, serta jaga marwah Provinsi Riau,” jelas M Job.

Sementara itu, Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, menjelaskan, 31 cain Praja IPDN tersebut, telah menjalani seluruh hasil tes yang dimulai tanggal 9 April hingga 15 Juli 2022. Seleksi yang dijalani diantaranya, Seleksi Kompetensi Dasar, tes Kesehatan, tes psikotes, dan tes pantukhir.

“Jumlah peserta yang mendaftar itu ada sebanyak 858 orang, dan sampai tes dengan rangkaian tes terakhir sebanyak 28 orang dinyatakan lulus, dan ditetapkan sebagai Calon Praja IPDN Angkatan XXXIII asal pendaftaran Provinsi Riau,” jelas Ikhwan.

Dari 28 orang tersebut calon praja IPDN yang dinyatakan lulus, terdiri dari 22 orang putra dan 6 orang putri berasal dari Kabupaten Kota. Kota Pekanbaru berjumlah 10 orang, Dumai berjumlah 2 orang, Kabupaten Kampar berjumlah 2 orang. Kabupaten Pelalawan berjumlah 1 orang, Kabupaten Siak berjumlah 1 orang, dan Kabupaten Bengkalis berjumlah 4 orang.

“Jadi untuk anak-anak Riau yang lulus 28 orang, selanjutnya terdapat 3 orang yang mendaftar di provinsi Riau mendapatkan kuota afirmasi nasional. Secara administrasi yang bersangkutan mengisi kuota, diantaranya dari Provinsi Sumatra Selatan 1 orang, Bengkulu 1 orang, dan Jawa Barat 1 orang,” ungkap Ikhwan.

Editor: Nurmadi

Terkini

X