UNRI Terpilih Jadi Penyelenggara Program Wirausaha Merdeka di Sumatra

- Minggu, 24 Juli 2022 | 19:32 WIB
Ketua Program Wirausaha Merdeka (WMK) Akselerasi Pertumbuhan Enterpreneur Muda (Aksi Pemuda) UNRI, Alvi Furwanti Alwie (Istimewa)
Ketua Program Wirausaha Merdeka (WMK) Akselerasi Pertumbuhan Enterpreneur Muda (Aksi Pemuda) UNRI, Alvi Furwanti Alwie (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Universitas Riau (UNRI) terpilih sebagai penyelenggara Program Wirausaha Merdeka 2022 wilayah Sumatra. Kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa.

Menurut Ketua Program Wirausaha Merdeka (WMK) Akselerasi Pertumbuhan Enterpreneur Muda (Aksi Pemuda) UNRI, Alvi Furwanti Alwie, perguruan tinggi tersebut terpilih sebagai penyelenggara di Sumatra setelah melalui proses seleksi panjang. Kemendikbudristek meloloskan 17 perguruan tinggi di Indonesia untuk melaksanakan Program Wirausaha Merdeka 2022.

"Alhamdulillah, UNRI dipercaya kementerian sebagai penyelenggara dari 91 proposal yang masuk. Salah satu keunggulan UNRI karena bermitra dengan perusahaan yang membina 150 UMKM," ujar Alvi, Minggu (24/7).

Diketahui, Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Program Wirausaha Merdeka 2022, Jumat (15/7) kemarin. Melalui even pendidikan ini diharapkan lahir enterpreneur muda dari lingkungan kampus. Sekaligus, mengurangi angka pengangguran dan memperluas lapangan kerja di Indonesia. Kemendikbudristek menargetkan 10 ribu mahasiswa di Indonesia ikut Wirausaha Merdeka.

Alvi menjelaskan mahasiswa yang berminat mengikuti Wirausaha Merdeka 2022 bisa mendaftar melalui website wirausahamerdeka.id. Pendaftaran dimulai tanggal 15 Juli hingga 17 Agustus 2022. Peserta yang lolos akan mengikuti program pendidikan wirausaha selama 16 minggu.

Baca Juga: Bertambah 30 Kasus Positif Covid-19 di Riau, Kadiskes: Pencegahan Vaksin Booster

Menurut Alvi, peserta akan dibimbing tenaga pengajar dan praktisi berpengalaman, magang di mitra usaha Unri dan mengikuti festival UMKM. Cakupan wilayah peserta meliputi Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan dan Lampung.

"Jadi program ini dibuka untuk mahasiswa Unri dan universitas lain di Sumatera. Pesertanya tidak hanya mahasiswa fakultas ekonomi, tapi juga di luar bidang itu," lanjut Alvi.

Koordinator Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2) UNRI ini mengungkapkan syarat Wirausaha Merdeka antara lain, peserta terdaftar sebagai mahasiswa minimal semester 3 (program D2), semester 5 (program D3, D4 dan S1), tidak dibatasi semester (program pascasarjana).

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketum Ika UNRI Tampil di Podcast Perdana Ikafe

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:03 WIB
X