Launching PPDB Online, Gubri Ancam Copot Kepala Sekolah Bermain

- Senin, 20 Juni 2022 | 11:35 WIB
Gubri Syamsuar, launching PPDB Online
Gubri Syamsuar, launching PPDB Online

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar, melaunching aplikasi website, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, ppdb.riau.go.id, tingkat SMA/SMK Negri sederajat secara online untuk tahun ajaran 2022/2023. Dimana Dinas Pendidikan Provinsi Riau membuka pendaftaraan siswa yang baru lulus SMP.

Untuk pra pendaftaran mulai tanggal 20 Juni hingga 25 Juni 2022. Sedangkan untuk pemilihan sekolah, peserta didik kembali mendaftar mulai tangg 27 Juni, hingga 1 Juli 2022. Daftar ulang bagi siswa yang dinyatakan lulus dimulai 7 Juli hingga 11 Juli 2022.

Gubernur Riau, Syamsuar, berharap dengan di Launchingnya aplikasi PPDB online ini bisa memberikan kemudahan, dan tidak adanya ganggyan dari para hacker, dalam pendaftaran PPDB online dengan melibatkan tim Siber.

“Sukur alhamdulillah, hari ini di launching aplikasi PPDB Online. Semoga dengan launching ini hisa lebih baik dari masa lalu, yang kebetulan hampir tidka ada PPDB. Untung saja dibantu rektor Unilak dan Politeknis Chevron. Ini karena Disdik lalu tidak ada konsep PPSB yang lupa menyiapkan. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi,” ujar Gubri, Syamsuar, Senin (20/6).

“PPDB saat ini ada badan siber juga ikut, mudah mudahan lebih baik. Dengan ikutnya badan siber ini, memang rahasia negara diharapkan betul-betul silen dan tidak bisa diintervensi oleh berbagai piham, dan tidak diganggu oleh para hacker,” kata Gubri.

Pada kesempatan tersebut, Gubri, menyampikan bahwa, sekolah-sekolah yang selama ini tidak menjadi sekolah favorit, bisa meningkatkan kualitas siswa yang mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang selama ini menjadi sekolah favorit.

Dan Gubri mengancam akan mencopot kepala sekolah yang bermain dalam penerimaan PPDB secara online. Sesuaikan dengan jumlah siswa yang akan diterima dalam ruang belajar atau kelas.

“Kepala sekolah yang bermain di copot, mungkin ada kepentingan ada usaha untuk mencari fulus, jangan main-main soal ini, sesuai dengan aturan PPDB yang terbuka dan tidak ada gangguan. Mudah-mudahan dapat amanah dan menjalankan tugas dengan sebaiknya, menjadikan anak-anak yang berkualitas,” tegas Gubri kepada kepala sekolah yang hadir.

Berikut tata cara pemilihan PPDB online sesuai Peraturan Mentri Pendidikan, Kebudayaan dan Perguruan Tinggi nomor 1 tahun 2021, ada perubahan penerimaan PPDB sesuai jalurnya. Untuk ingkat SMA, Jalur Afirmasi 15 persen, jalur Zonasi, 50 persen, jalur prestasi 30 persen, dan jalur perpindahan orangtua 5 persen.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X