Besok Gubri Launching Aplikakasi PPDB Tingkat SMAN/SMK

- Minggu, 19 Juni 2022 | 18:34 WIB
PPDB tahun 2022 akan dimulai tangg 20 Juni, melalui aplikasi website yang sudah disiapkan Disdik
PPDB tahun 2022 akan dimulai tangg 20 Juni, melalui aplikasi website yang sudah disiapkan Disdik

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar, pagi ini, akan melaunching aplikasi website, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), tingkat SMA/SMK Negri sederajat secara online untuk tahun ajaran 2022/2023. Dimana Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan membuka pendaftaraan siswa yang baru lulus SMP, mulai tanggal 20 Juni hingga 26 Juni 2022.

Ketua panitia PPDB Haristo Disdik Riau, menjelaskan, pada tahun 2022 ini, Disdik Riau bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik), untuk menyiapkan aplikasi PPDB secara online, dan dapat diterima dengan baik oleh seluruh peserta didik di Kabupaten Kota.

“Insha Allah, besok (hari ini red), pak Gubernur yang akan melaunching aplikasi PPDB. Bersama Diskominfotik, kita sudah menyiapkan persaiapan pendaftaran PPDB, bahkan kita sudah ujicoba aplikasinya dan berjalan lancar,” ujar Haristo, Minggu (19/6).

Dijelaskan Haristo, setelah di launching oleh Gubernur, bagi siswa yang akan mendaftar sudah bisa dimulai. Untuk tahap awal PPDB akan dibuka tanggal 20 Juni. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, siswa yang mendaftar mulai tanggal 20 Juni hingga 26 Juni hanya memasukkan persyaratan umum.

“Jadi PPDB tahun ini ada dua tahap yang harus dijalani, pertama tahap pendaftaran umum. Yakni siswa saat mendaftar hanya memasukkan persyaratan khusus, seperti, KK, Akte, ijazah atau surat tanda lulus dari sekolah bagi yang belum keluar ijazahnya, foto dan foto copy rapor. Di upload semua datanya dalam aplikasi PPDB yang sudah tersedia,” jelasnya.

“Untuk tahap kedua baru persyaratan khusus yang dimasukkan oleh siswa, mulai tanggal 27 Juni memasukan persyaratan, mendaftar di sekolah mana, jalur yang mana, dan jurusan yang diambil. Persyaratan ini harus diisi semua, untuk jalur pendaftaran tetap sesuai dengan Permendikbud,” jelasnya lagi.

Untuk diketahui, sesuai Peraturan Mentri Pendidikan, Kebudayaan dan Perguruan Tinggi nomor 1 tahun 2021, ada perubahan penerimaan PPDB sesuai jalurnya. Untuk ingkat SMA, Jalur Afirmasi 15 persen, jalur Zonasi, 50 persen, jalur prestasi 30 persen, dan jalur perpindahan orangtua 5 persen.

Untuk tingkat SMK khusus sesuai dengan jurusannya, lebih banyak menerima siswa jalur prestasi. Jalur prestasi tingkat SMK 65 persen, jalur tempatan 15 persen, jalur afirmasi 15 persen, dan jalur perpindahan orangtua 5 persen.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X