Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal Resmi Sandang Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri

- Jumat, 17 Juni 2022 | 17:33 WIB
Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal didampingi sang istri Ny Nindya M Iqbal (Dodi/HRC)
Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal didampingi sang istri Ny Nindya M Iqbal (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai memberikan gelar kehormatan adat kepada Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal. Adapun gelar adat itu adalah 'Datuk Wira Lela Setia Negeri'.

Prosesi penabalan gelar adat ini digelar di Kantor LAMR Kota Dumai, Jumat (17/6) pagi. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara Riau itu dinilai berjasa bagi adat dan masyarakat Melayu, khususnya di Kota Dumai.

Dalam kegiatan ini, Irjen Pol M Iqbal terlihat gagah mengenakan busana Melayu dengan warna hitam dan corak kuning keemasan. Ia didampingi istrinya, Ny Nindya M Iqbal, yang juga terlihat anggun menggunakan pakaian senada dengan kepala ditutupi selendang kuning emas.

Saat penabalan, hadir Gubernur Riau, Syamsuar; Ketua DPRD Riau, Yulisman dan sejumlah unsur Forkompinda Riau. Juga hadir Wali Kota Dumai, Paisal dan Forkopimda Dumai dan beberapa pejabat lainnya, termasuk tokoh adat, datuk-datuk, dan datin-datin LAMR Kota Dumai.

Dalam prosesi penabalan gelar kehormatan turut dibacakan riwayat hidup, disusul warkah penabalan adat untuk Kapolda Riau. Majelis Penabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan tanjak oleh Ketua MKA LAMR Kota Dumai Datuk Seri Atan Ujang.

Baca Juga: Polres Kuansing Laksanakan Kegiatan Bakti Kesehatan Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke 76 Tahun 2022

Acara dilanjutkan dengan pemasangan selempang oleh Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar dan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAMR Kota Dumai Datuk Seri Syarudin Husin. Usai penabalan gelar kehormatan adat, kegiatan dilanjutkan dengan tepuk tepung tawar dan doa bersama.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, ia merasa sangat terhormat dengan gelar yang diterimanya. Ia menyatakan, ini adalah anugerah luar biasa.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas penabalan (gelar kehormatan adat) ini. Ini adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi saya sekeluarga. Baik saya secara pribadi, keluarga, dan selaku Kapolda," kata Kapolda.

Ia mengungkapkan, Kota Dumai tak ubahnya sebagai kampung halamannya. Dikarenakan, pada tahun 2003, dia pernah bertugas di Kota Dumai. Waktu itu ia adalah Wakapolres.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X