Rencana PSPS Riau Pinjam Sewa 15 Tahun, Dispora Sepakat Stadion Utama Rp1 M Pertahun

- Jumat, 17 Juni 2022 | 17:00 WIB
Dispora Riau bersama Komisi V DPRD Riau, dan manajemen PSPS meninjau stadion utama Riau
Dispora Riau bersama Komisi V DPRD Riau, dan manajemen PSPS meninjau stadion utama Riau

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, telah memberikan jalan keluar bagi PSPS Riau, untuk menjadikan Stadion Utama Sebagai home Base PSPS Riau, dalam menjalani Liga II pada tahun ini. Dimana selama ini PSPS Riau hanya menggunakan stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, sebagai home base.

Kadispora Riau, Boby Rahmat, mengatakan, selamat mendapat dukungan dari Pemprov Riau, PSPS Riau juga mendapat dukungan dari Anggota DPRD Riau, dalam mengarungu musim Liga II Nasional 2022/2023, dengan menggunakan stadion utama.

“Kita sudah mengadakan pertemuan dengan pihak manajemen PSPS, dan Komisi V DPRD Riau, pada prinsipnya semua sepakat untuk mendukung PSPS dalam melanjutkan Liga II. Home base di Stadion Utama, juga sudah kita berikan kepada PSPS,” ujar Boby Rahmat.

Dijelaskan Boby, pertemuan dengan komisi V DPRD Riau kemarin malam, membahas rencana PSPS yang akan menyewa stadion, yang pernah menjadi stadion termewah di Asia ini, selama lebih kurang 15 tahun. Komisi V menyetujui, namun perlu kajian hitung-hitung anggaran yang diberikan PSPS Riau, secara bertahap.

“Dari kesepakatan kita dengan pihak manajemen PSPS, mereka mengajukan membayar Rp1 Miliar selama satu tahun, semacam sewa kerjasama. Dan mereka meminta selama 15 tahun, angka itu sementara cukup bagi PAD kita dari pengelolaan Stadion Utama Riau, yang selama ini belum termanfaatkan, komisi V juga sepakat tapi perlu dilakukan kajian atau studi kelayakan lagi berapa pasnya PSPS membayar,” kata Boby.

“Selain membayar sebesar Rp1 Miliar, manajemen PSPS juga bersedia untuk memperbaiki, atau menambah keperluan didalam stadion. Termasuk rencana mereka untuk mengganti rumput stadion. Tentu rencana itu cukup bagus, jika mereka ikut mengembangkan stadion utama Riau,” kata Boby.

Lebih jauh dikatakan Boby, pada tahun ini 2022, Dispora memang memberikan keringanan bagi PSPS untuk menggunakan stadion utama Riau sebagai home base, yakni sebesar Rp25 juta. Dari angka ini memang kecil tapi disesuaikan dengan target Dispora sebesar Rp25 juta pada tahun 2022. Dimana pada tahun ini Dispora Riau sudah mendapatkan pendapatan sebesar Rp75 juta, hingga pertengan tahun 2022 ini.

“Target kita memang Rp25 juta tahun ini untuk stadion Utama, dan target kita bahkan melebihi sampai saat ini sudah mencapai Rp75 juta. PSPS itu ada pola pemakaiannya, ada jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek menggunak tarif sesuai tarif retribusi, sebesar Rp25 juta. Dan mereka juga melalukan perbaikan dalam jangka pendek,” katanya.

“Untuk jangka panjang, ini yang lagi di diskusikan pola sewa atau pola kerjasama pemakaian dan bisa lebih dari lima belas tahun. Kita berharap stadion utama bisa termanfaatkan. Kita berharap dengan dibukanya stadion utama selama pertandingan PSPS Riau pada laga liga II, stadion kembai ramai seperti yang diharapkan. Sekarang bagaimana pengelolaan diluarnya, kita akan mencari jalan keluarnya untuk menghidupkan kembali UMKM disekeliling stadion,” kata Boby.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X