BKD Mulai Mendata Honorer Diseluruh OPD, Diperkirakan Mencapai 18 Ribu

- Kamis, 16 Juni 2022 | 18:55 WIB
Kepala BKD Ikhwan Ridwan
Kepala BKD Ikhwan Ridwan

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, secara bertahap mulai mendata pegawai tenaga honorer diseluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dilingkungan Pemprov Riau, setalah adanya peraturan dari MenPan RB pelarangan tenaga honorer di Pemerintahan mulai tahun 2023.

Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan, tenaga honorer yang ada di lingkungan Pemprov Riau, dari data ada sebanyak 18.000 tenaga honorer. Namun perlu dilakukan pendataab ulang, sesuai penempatan di masing-masing OPD.

“Saat ini kita sedang mendata tenaga honorer yang ada di OPD. kalau tidak salah ada sekitar 18 ribu tenaga honorer yang tersebar, sesuai dengan penempatan dan kebutuhan OPD setelah didata baru kita laporkan jumlah pastinya,” ujar Ikhwan Ridwan.

Dijelaskan Ikhwan, sampai saat ini tenaga honorer di lingkungan Pemprov Riau masih bekerja, sesuai dengan tugas yang ada di masing-masing OPD. Dan Menpan RB mengatakan status tenaga honorer ini ditetapkan, namun pihaknya belum bisa memastikannya menunggu petunjuk teknis lebih lanjut.

“Jadi tenaga honorer ini memang setiao tahun ada penambahan. Yang paling banyak itu honorer dari Guru-guru yang ada di daerah. Kita tunggu lagi apa petunjuk dari pemerintah pusat, nasib tenaga honorer di lingkungan Pemprov Riau,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Ikhwan, dari arahan pemerintah instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga lain yang bisa diterima seperti pengemudi, tenaga kebersihan, dan satuan pengamanan dapat dilakukan melalui tenaga alih daya (outsourcing) oleh pihak ketiga.

“Kalau dari aturan yang dikeluarkan tenaga honorer hanya diperbolehkan untuk supir, tenaga kebersihan dan semacam security. Jatuhnya nanti jadi outsouching, kalau kita sebenarnya lebih baik dipertahankan tenaga honorer yang ada saat ini, karena jumlahnya ribuan. Khawatir juga kota kalau mereka tak ada pekerjaan lagi, pengangguran semakin banyak,” katanya.

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X