Wujudkan Kesejahteraan Cabor dan Atlet Berprestasi, KONI Riau Ajak PHR Jadi "Bapak Angkat"

- Selasa, 14 Juni 2022 | 10:44 WIB
Ketua Bidang Kerjasama Swasta KONI Riau H Zulmansyah Sekedang (kanan) menyerahkan program "Bapak Angkat" untuk cabor dan atlet berprestasi di Riau kepada Suyanto, SR Expert Corporate Affairs PHR WK Rokan, Senin (13/6/2022).
Ketua Bidang Kerjasama Swasta KONI Riau H Zulmansyah Sekedang (kanan) menyerahkan program "Bapak Angkat" untuk cabor dan atlet berprestasi di Riau kepada Suyanto, SR Expert Corporate Affairs PHR WK Rokan, Senin (13/6/2022).

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Komite Olahraha Nasional Indonesia (KONI) Riau, terus bergerak untuk mencari bapak angkat dalam mewujudkan kesejahteraan atlet-atlet Riau, yang telah meraih prestasi dan membawa nama harum Riau pada iven olahraga Nasional maupun Internasional.

Salah satu langkah yang dijalankan yakni dari Pengurus Bidang Kerjasama KONI Riau, dengan menjalin bersilaturrahmi ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja Rokan. Dalam silaturrahmi itu, KONI Riau mengajak PHR menjadi salah satu "Bapak Angkat" cabang olahraga dan atlet-atlet berprestasi di Bumi Melayu.

"Membina dan mengembangkan olah raga di Riau ini merupakan tanggungjawab bersama. Bukan semata KONI Riau, tapi termasuk PHR WK Rokan. Landasan hukumnya juga banyak. Ada UU 11/2022 tentang Keolahragaan, ada PP 18/2007 tentang Pendanaan Keolahragaan dan sebagainya," ujar Ketua Bidang Kerjasama Swasta KONI Riau, H Zulmansyah.

Zulmansyah Sekedang menjelaskan, selama ini pembinaan dan pengembangan olahraga di KONI Riau sumber utamanya dari APBD Riau. Namun dalam amanah UU, PP, sampai ke Peraturan Gubernur Riau (Pergubri), pembinaan dan pengembangan olahraga berprestasi merupakan tanggungjawab semua, termasuk swasta dan BUMN/BUMD di Riau.

Karena itu, Zulmansyah, berharap ke depan KONI Riau mengajak semua pihak, termasuk PHR, terlibat membina dan mengembangkan cabang olahraga dan atlet-atlet berprestasi di Riau.

"Salah satu cara PHR ikut membantu membina dan mengembangkan prestasi olahraga di Riau adalah dengan menjadi mitra KONI Riau atau menjadi "Bapak Angkat"  cabor dan atlet-atlet berprestasi di Riau ini," jelas Zulmansyah.

Sementara, SR Expert Corporate Affairs PHR, Suyanto, menyambut baik program kemitraan atau "Bapak Angkat" yang digagas KONI Riau. "Tentu kami di PHR nantinya akan membentuk sebuah komite dulu untuk membahas program dari KONI Riau ini," kata Suyanto.

Secara kelembagaan, PHR memang memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) atau program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di WK Rokan. Nantinya apakah program KONI Riau dapat diikutkan dalam program TJSL atau ada cara lain untuk membantu KONI dan cabor, itu yang akan menjadi bahasan dalam komite di PHR WK Rokan nantinya.

Terkait program-program TJSL, Pinto Budi Bowo Laksono menjelaskan PHR WK Rokan fokus pada bidang pendidikan-pelatihan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, lingkungan hidup, dan bantuan pasca bencana.

"Program yang digagas KONI Riau apakah bisa diwujudkan melalui program TJSL atau ada kebijakan lain dari pimpinan, nantinya akan dibahas dulu di PHR WK Rokan," tutup Pinto.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X