Kuliah Umum di UIR, Menko Perekonomian Dorong Kebangkitan Pelaku Usaha UMKM

- Kamis, 26 Mei 2022 | 16:57 WIB
Istimewa (Nie/HR)
Istimewa (Nie/HR)

HALUANRIAU.CO, PENDIDIKAN - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian RI) bersama Pusat Karir Universitas Islam Riau menggelar Kuliah Umum Hibrid dan Kajian Buku Pembiayaan UMKM Karya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada Rabu (25/5/2022) bertempat di Venue Gor Volley Universitas Islam Riau, Perhentian Marpoyan, Pekanbaru.

Kuliah umum tersebut turut dihadiri oleh Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L, Sekretaris Umum YLPI Drs. Sudarmo Hasan, M.A., Ketua Pusat Karir UIR Dr. Desy Mardianti, S.E., M.M, beserta jajaran pimpinan seperti Wakil Rektor 1 dan 3 serta para Dekan dari masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Islam Riau.

Dalam sambutannya, Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini.

“UMKM merupakan basis perekonomian di Indonesia, beberapa saat lalu ekonomi dunia sedang mengalami guncangan terutama karena pandemi Covid-19, banyak sektor-sektor usaha yang tidak dapat bertahan dari usaha sektor makro hingga mikro dan tentu UMKM menjadi salah satu sektor yang terkena imbasnya,” ujar Prof. Syafrinaldi.

Baca Juga: UIR dan Schlumberger bekerjasama dalam Pemanfaatan Teknologi Migas Terdepan

Rektor UIR mengatakan, kuliah umum yang diselenggarakan tersebut patut untuk di simak dan dipahami agar bisa menjadi kiat para pelaku usaha UMKM untuk tetap bertahan dalam gejolak perekonomian yang sewaktu-waktu kembali melanda indonesia.

“Kegiatan yang menyasar mahasiswa dan diselenggarakan di perguruan tinggi tentu pilihan yang sangat tepat, melihat adik-adik mahasiswa ini adalah sebagai gerbang awal terciptanya pengusaha-pengusaha muda yang kreatif dan inovatif,” ungkap Rektor UIR.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr (HC). Ir.  Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., melalui video menyapa seluruh peserta yang hadir dan menyampaikan upaya membangkitkan UMKM Indonesia pemerintah melalui Kementerian Perekonomian telah melaksanakan program pembiayaan berupa kredit dengan bunga rendah dan pelatihan-pelatihan wirausaha bagi para pelaku usaha.

“Berbagai program-program yang telah pemerintah laksanakan ini adalah wujud keberpihakan dan dukungan kepada UMKM. Pemerintah salah satunya juga memberikan kebijakan restrukturisasi kredit agar beban para pelaku usaha yang melakukan pinjaman bisa berkurang,” tegas Airlangga Hartarto.

Menko Perekonomian kembali menegaskan pemerintah memberikan beberapa perlindungan sosial seperti Banpres Produktif dan Kartu Pra Kerja yang diharapkan akan meningkatkan enterpreneurship. Pemerintah juga mendorong program kemitraan dan bina lingkungan serta CSR dengan mitra untuk UMKM agar semakin menambah nilai ekonomi dan penguatan kewirausahaan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X