Hikatama Dan Jasa Raharja Riau Gelar Diskusi Webinar Pengelolaan Bus Pariwisata

- Kamis, 26 Mei 2022 | 14:46 WIB
Istimewa (Nie/HR)
Istimewa (Nie/HR)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Menjaga keselamatan bagi masyarakat, PT. Jasa Raharja bekerjasama dengan Himpunan Keselamatan Transportasi Masyarakat (Hikatama) menggelar webinar berskala nasional yang digelar secara daring, Rabu (25/5).

Dalam webinar yang diikuti ratusan peserta tersebut, turut dibahas bagaimana menjaga keselamatan, serta tindakan antisipatif terukur dari pemerintah terhadap kecelakaan apalagi menelan korban. Oleh sebab itu, diharapkan akan ada saran dan masukan, untuk direkomendasi kepada pemerintah dalam mengambil tindakan.

Hal ini melatarbelakangi terjadinya dua kasus kecelakaan bus pariwisata di Tol Jombang-Surabaya dan kecelakaan di  Kecamatan Panumbangan, Ciamis Jawa Barat, menjadikan hal yang cukup memprihatinkankan. Pasalnya, dalam kecelakaan tersebut menelan korban cukup banyak korban.

Dalam webinar tersebut menghadirkan tujuh narasumber kompeten dibidang Transportasi, yakni Prof.Ir. Leksmono Suryo Putranto MT,Ph.D, Guru besar Untar. Akademisi lainnya Djoko Stidjiwarno dari Teknik Sipil Unika Soegijapranata.

Sementara dari pemerintahan Ir.S. Aje Panatagama, Kadubdil Dalops. LLAJ Dirjenhubdat Kemenhub, kemudian ada Kombes Pol Aries Syahbuddin, SH, M.Hum dari Kadubdit Ditkamsrl Korlantas Polri. Ahmad Wildan, Investigator KNKT, Eddy Suzendi Ama, PKB SH, sebagai Ketua Umum HPPI dan Alfred Sitorus Dari Koalisi pejalan kaki.

Baca Juga: Tidak Sependapat dengan JPU, Hakim Vonis Pelaku Cabul 1 Tahun Penjara meski Sudah Berdamai dengan Korban

Dikatakan Sekjen HDPP Hikatama, Harmaini bahwa webinar ini sebagai bahan masukan kajian bagi pemerintah dalam regulasi pengelolaan bus pariwisata, secara khusus dan transportasi pada umumnya. Demi meminimalisir angka kecelakaan dan fatalitasnya.

"Kami sebagai anggota masyarakat yg terhimpun dalam Hikatama, sangat prihatin dan miris akann kejadian seperti ini. Kita tidak bisa membiarkan kehadian terus berulang, harus ada tindakan antisipatif terukur dari pemerintah, dengan webinar diskysi ini diharapkan ada masukan untuk direkomendasi kepada pemerintah dalam mengambil tindakan," paparnya.

Ia juga menambahkan, Hikatama akan tegak lurus menjadi satu-satunya organisasi kemasyarakatan yang berkomitmen memperjuangakn kebenaran.  Berlandaskan ilmu pengetahuan demi masyarakat indonesia yang maju dan unggul untuk kita semua. Oleh sebab itu, atas dedikasi dan semangatnya dalam memperjuangakan transportasi berkeselamatan di Indonesia, "tambahnya.

Sementara Kepala Cabang PT.Jasa Raharja, M.Iqbal Hasanuddin berharap melalui kegiatan webinar ini mampu memberikan wawasan sekaligus pencerahan mengenai transportasi darat yang berkeselamatan kepada masyarakat. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan memulainya, jasanya. Harapan kita semua agar transportasi darat yang berkeselamatan dapat terwujud dimasa yang akan datang," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X