Pelantikan Pj Sesuai AMJ, Kamsol: Sebagai Abdi Nagara Jika Dipercaya Tetap Loyal

- Kamis, 19 Mei 2022 | 09:51 WIB
Calon Pj Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar belum bisa dipastikan namanya
Calon Pj Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar belum bisa dipastikan namanya

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau, masing menunggu Surat Keputusan (SK) penunjukan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar, dari Mentri Dalam Negri. Namun dari Biro Tata Pemerintahan telah mengutisnstaf untuk stanby di Jakarta, jika sewaktu-waktu diperintahkan mengambil SK di Kementrian Dalam Negri.

“SK masih belum kami terima dari Mendagri, tapi untuk mengantisipasi jika diperintahkan mengambil SK, kita sudah siap mengambilnya di Kemendagri. Karena staf kita sudab stanby di Jakarta. Dan paling lambat hari Jumat SK itu sudah kita terima,” ujar, Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Administrasi, Firdaus, Kamis (19/5).

Dijelaskan Firdaus, sambil menunggu SK dari Mendagri, pihaknya juga menyiapkan proses pelantikan kedua Pj kepala Daerah di Pekanbaru. Termasuk akan mengundang Pemko Pekanbaru dan Pemkab Kampar, untuk mengadakan rapat persiapan pelantikan yang akan dilaksanakan tanggal 22 Mei 2022, sesuai dengan Akhir Masa Jabatan (AMJ), kedua kepala daerah tersebut.

“Iya kita sudah diminta untuk menyiapkan persiapan pelantikan Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati. Rapat persiapan pelantikan Pj kepala daerah tersebut diagendakan besok (hari ini red). Untuk pelantikan bisa jadi tanggal 22 Mei, atau 23 Mei, yang jelas kita diminta untuk mempersiapkan pelantikan," ungkapnya.

Dari informasi yang berkembang Mendagri telah menunjuk Pj kedua kepala daerah tersebut. Untuk Pj Bupati Kampar, Kamsol dan untuk Pj Walikota Pekanbaru Muflihun. Kedua calon ini diluar dugaan ditunjuk oleh Mendagri, karena mereka tidak masuk dalam usulan calon Pj.

Sementara itu, calon Pj Bupati Kampar, Kamsol, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, mengaku sama sekali tidak mengetauhi akan ditunjuk sebagai Pj Bupati Kampar. Dan ia sebagai pegawain tetap patuh dan loyal terhadap pimpinan dalam hal ini Gubernur.

“Sebagai abdi negara kalau dipercayakan tentu tetap loyal dan patuh terhadap Gubernur sebagai perwakilan pusat.

Intinya saya belum terima SK, siapa yang ditinjuk SK belum jelas hitam putihnya. Itupun saya mendapat info di media. Tapi kalau diamanahkan patuh dan loyal terhadap pimpinan sebagai pemerintah tertinggi di Provinsi,” kata Kamsol.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Riau, Syamsuar, telah mengusulkan 3 nama calon Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar, ke Mentri Dalam Negri. Dan dijadwalkan 5 hari menjelang pelantikan, atau habsinya masa jabatan Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar tanggal 22 Mei 2022.

Tiga nama calon Pj Walikota Pekanbaru diantaranya, Asisten I Setdaprov, Masrul Kasmi, Kepala BPBD M Edy Afrizal, dan Kadispora Riau, Boby Rahmat. Sedangkan calon Pj Bupati Kampar, Kadisnaker Riau Imron Rosadi, Kadis Pariwisata Roni Rahmat dan Karo Kesra, Zulkifli Sukur. Sesuai dengan surat dari Kemendagri Gubernur mengusulkan 3 nama dari pejabat tinggi pratama dilingkungan Pemprov Riau, atau pejabat eselon II.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X