ANRI Serahkan Dokumen Arsip Kerajaan, Bukti Sejarah Jasa Sultan yang Bertahta di Riau

- Selasa, 17 Mei 2022 | 18:11 WIB
Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, menyerahkan dokumen kerajaan kepada Gubernur Riau, Syamsuar,
Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, menyerahkan dokumen kerajaan kepada Gubernur Riau, Syamsuar,

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, menerima dokumen salinan arsip kerajaan yang ada di Riau, yang diserahkan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, kepada Gubernur Riau, Syamsuar, pada acara pembukaan peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 51 dan rapat koordinasi nasional kearsipan Tahun 2022, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), di Hotel Pengeran Pekanbaru, Selasa (17/5).

Gubri Syamsuar, menyampaikan, dokumen yang diterimanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama pemangku adat istiadat yang ada di kabupaten dan kota di Riau, terutama di daerah yang masih ada bekas peninggalan kerajaan, sehingga dokumen ini sebagai bukti untuk melestarikan kegiatan adat istiadat yang ada di Provinsi Riau.

"Terima Kasih juga kepada ANRI, tadi kami juga  menerima dokumen arsip nasional berupa dokumen kerajaan yang ada di semua daerah di Provinsi Riau ini yang selama ini belum ada di Riau. Untuk itu, atas nama  Pemprov Riau dan rakyat Riau, kami sampaikan terima kasih melalui Bapak Kepala ANRI  yang telah memberikan bukti - bukti sejarah dari semua kerajaan yang ada di Provinsi Riau," ujar Gubri.

Dijelaskan Gubri, bahwa beberapa tahun lalu saat dirinya masih menjabat sebagai Bupati Kabupaten Siak, pihaknya juga pernah mengunjungi Kantor ANRI. Saat kunjungan tersebut, ia melihat dokumen sejarah kerajaan di Provinsi Riau ini. Dan ia juga telah menyampaikan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau untuk memberikan surat kepada ANRI untuk mendapatkan dokumen sejarah kerajaan yang ada di Provinsi Riau.

"Alhamdulillah kami juga telah diberikan bukti sejarah Siak, melalui Kepala ANRI yang disampaikan pada hari ulang tahun Kabupaten Siak pada beberapa tahun lalu. Saat itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau masih ibu (alm) Rahima Erna, saya minta buatkan surat kepada ANRI. Dan alhamdulillah, pada hari ini Provinsi Riau kita telah mendapatkan dokumen ini," jelasnya.

“Dokumen sejarah kerajaan di Provinsi Riau ini akan dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan bangsa dan sekaligus menghargai jasa-jasa sultan yang bertahta di Provinsi Riau. Terima kasih dan apresiasi kepada ANRI. Semoga ini jadi amal jariyah Kepala ANRI dan jajaran dan bagi kita semua," ungkapnya.

Sementara itu, kepala ANRI, Imam Gunarto mengharapkan Provinsi Riau menjadi terdepan dalam mentransformasikan sistem kearsipan secara digital. Dan ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov dalam hal ini kepada Gubernur Riau, Syamsuar sehingga dapat terlaksananya Hari Kearsipan Nasional ke 51 Tahun 2022.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi nasional kearsipan Tahun 2022 dan Hari Kearsipan Nasional ke 51 ini perlu dilakukan secara maksimal sebagai upaya mendorong seluruh kementerian lembaga dan daerah agar kinerja kearsipan semakin baik.

"Terima kasih kepada pak Gubernur karena kerjasama penyelenggaraan kearsipan ini peringatan ke 51 ini memang harus kita lakukan secara maksimal.

Dalam hal ini termasuk di Provinsi Riau yang memang membutuhkan kerja lebih keras agar bisa menyusul provinsi - provinsi yang lebih maju di bidang kearsipan," kata Gunarto.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Kapolri Mutasi Dirreskrimum dan 6 Kapolres di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:12 WIB

Mulai Besok JCH Asal Riau Masuk Asrama EHA 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:41 WIB
X