Diresmikan Mentri ESDM, PLTGU Jadi Sentra Pengembangan Energi Listrik di Riau

- Kamis, 12 Mei 2022 | 14:10 WIB
Mentri ESDM bersama Wagubri dan Dirut PLN serya Dirut Medco, menekan tombol diresmikannya PLTGU di Tenayan Raya Pekanbarj
Mentri ESDM bersama Wagubri dan Dirut PLN serya Dirut Medco, menekan tombol diresmikannya PLTGU di Tenayan Raya Pekanbarj

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU), di Provinsi Riau, menjadi salah satu sumber daya energi listri baru yang akan meningkatkan perekonomian di Riau terutama dalam memenuhi kebutuhan listrik diseluruh wilayah Riau.

Hal tersebut disampaikan oleh Mentri Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) Arifin Tasrip, saat meresmikan PLTGU Riau 275 MW, di Tenayan Raya, Pekanbaru, Kamis (12/5). PLTGU yang dibangun oleh pihak swasta Medco Retch Power Riau, mulai beroperasi di wilayah Riau, khususnya di Pekanbaru, untuk memenuhi kebutuhan kekurangan listrik di wilayah Riau.

“Program pembangunan pembangkit listrik yang dilaksanakan relatif cukup singkat. Atas inisiatif mendorong proyek ini untuk bisa dapat diselesaikan guna memenuhi kebutuhan energi listrik untuk menunjang energi industri di daerah.

Energi yang sangat dibutuhkan, dan belum seluruh maysrakat indonesia menikmati energi listrik. Di Riau sudah ada tambahan baru PLTGU ini menjadi sentra pengembangan energi listrik di Riau,” ujar Mentri ESDM.

Dijelaskan Mentri, PLTGU yang dibangun oleh Medco ini, menjadi salah satu industri yang tidak memiliki emisi yang besar. Emisinya lebih rendah bila dibandingkan dengan pembangkit listrik lainnya, atau industri yang bergerak dibidang energi. Dimana emisinya hanya 400 gram, lebih rendah dua kali lipat dibandingkan Batubara.

“Emisi yang dikeluarkan darinenergi Listrik yang memanfaatkan gas, itu lebih rendah daripada yang memakai Batubara,kurang lebih setengahnya. Kita harapkan dalam masa transisi ini sebelum energi terbarukannya masuk, ini membutuhkan waktu ini bisa dimanfaatkan dulu dengan memanfaatkan gas,” ungkap Mentri.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, mengatakan, dengan beroperasinya PLTGU di Riau ini menambah pasokan ketersediaan listrik, yang akan menjadikan Riau terang. Sesuai dengan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat, listri bisa sampai ke seluruh pelosok negri.

“Ini salah satu langkah untuk menuju Riau terang 2022. Hadirnya PLTGU di Riau diharapkan kebutuhan energi listrik di Riau tercukupi, sehingga rasio desa berlistrik juga akan meningkat seiring ketersediaan energinya ada,” kata Edy Natar.

“Listrik merupakan salah satu sumber energi yang menjadi kebutuhan yang vital saat ini. Mulai dari penggunaan alat rumah tangga, sara dan prasarana umum. Persoaln listrik sejak dulu belum sepenuhnya dituntaskan oleh pemerintah.

Dengan diresmikannya PLTGU ini diharapkan akan dapat menambah kebutuah listrik di Pekanbaru,” kata Wagubri Lagi.

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

X