Dikukuhkan Datuk Seri Setia Amanah, Sah Taufik Ikram DPH dan Marjohan MKA LAMR

- Sabtu, 30 April 2022 | 01:32 WIB
Gubri Syamsuar didampingi Wagubri, menyerahkan SK Kepengurusan LAM Riau kepada Tafik Ikram dan Marjohan usai dikukuhkan
Gubri Syamsuar didampingi Wagubri, menyerahkan SK Kepengurusan LAM Riau kepada Tafik Ikram dan Marjohan usai dikukuhkan

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU- Gubernur Riau, Syamsuar, bersama Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, akhirnya mengakui kepenguruan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, dibawah kepemimpinan Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, sebagai Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau, dan Datuk Seri Marjohan Yusuf, sebagai ketua umum Majelis Kerapatan Adat (MKA).

Pengakaun tersebut dibuktikan dengan pengukuhan LAM Ria masa khidmat 2022-2027, oleh Gubernur Riau, Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau Syamsuar, di Gedung Daerah, Balai Serindit, Jumat (29/4). Pimpinan LAMR ini merupakan hasil Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) selama dua hari, 16-17 April 2022, di Hotel Alpha, Pekanbaru, beberapa lalu. 

Pengukuhan pimpinan LAMR ini sesuai dengan AD/ART LAMR Bab XXIII Pasal 32 yaitu: pengukuhan ketua MKA dan DPH ini LAMR dilakukan dengan musyawarah besar atau pada waktu yang ditentukan oleh Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat adat Melayu Riau. 

Pengukuhan Datuk Seri Marjohan Yusuf sebagai ketua MKA, dan Datuk Seri Taufik Ikram Jamil sebagai DPH LAMR, ditandai dengan pemasangan tanjak, selempang, dan keris yang dilakukan Datuk Seri Setia Amanah  Drs H Syamsuar M.Si dan Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Edy Natar Nasution. 

Sebelum pengukuhan Datuk Seri Setia Amanah, Syamsuar, membacakan warkkah pengukuhan. Ketika pengukuhan hendak dilakukan, para kerabat kerajaan diminta untuk mendekati menyaksikan langsung.  Pemasangan tanjak dilakikan datuk seri setia amanah, sedangkan pemasangan selempang dilakukan oleh datuk seri timbalan setia amanah.

Selanjutnya, Ketua Kekerabatan Kesultanan Indragiri memasangkan keris di pinggang ketua MKA LAMR Riau Datuk Seri Marjohan Yusuf. Sedangkan Ketua perhimpunan Resam Kerajaan Siak memasangkan keris di pinggang Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Taufik Ikram Jamil.

Dalam petuah amanahnya, Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar, berpesan dudukanlah tugas, fungsi, dan wewenang DKA, MKA serta DPH LAMR. Sehingga tidak bercampur aduk, sekejab ke sana dan sekejab ke sini. 

"LAMR adalah lembaga yang menjadi rumah besar masyarakat Riau, LAMR menjadi pengimbang dalam berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat adatnya. Jadi LAMR harus tetap berapa pada fungsi dan tugasnya," ujar Syamsuar. 

Jika LAMR sudah menjaga fungsinya, kata Syamsuar, tentunya harapan terhadap lembaga ini untuk terus berbuat bersama-sama memajukan negeri bisa diwujudkan.

Sementara, Ketua Umum MKA LAMR Datuk Seri Marjohan Yusuf, tak kuasa manahan air mata,  dia menangis ketika menyampaikan petuah adat dalam majelis pengukuhan pimpinan LAMR masa khidmat 2022-2027. 

Halaman:

Editor: Nurmadi

Tags

Terkini

Polisi Tindak Tegas Sejumlah SPBU Nakal di Riau

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X